Anda pasti sudah kenal betul bagaimana seragam yang digunakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Untuk SMP wajib kenakan seragam putih biru, sementara untuk SMA mengenakan putih abu-abu. Beda negara, maka beda pula seragam sekolahnya. Bagaimanakah bentuk dari seragam di negara lain?

Jika Anda gemar menonton film Jepang, maka mungkin Anda sedikit tahu bagaimana seragam sekolah di Jepang. Salah satu seragam khas para siswi Jepang adalah blazer yang dikombinasikan dengan rompi dan sebuah kemeja putih panjang. Penampilan mereka semakin dipermanis dengan sebuah dasi kupu-kupu berwarna terang. Dengan rok pendek, siswi Jepang mengkombinasikannya dengan kaos kaki hampir selutut. Selain itu ada juga seragam sekolah Jepang yang dinamakan seragam sailor, karena memang mirip dengan pakaian pelaut Jepang.

Sementara di Taiwan, seragam sekolahnya lebih simpel dibandingkan dengan seragam di Jepang, meskipun mirip. Seragam di Taiwan tidak mengenakan blazer seperti di Jepang dan hanya memakai kemeja pendek dan rok pendek serta sebuah dasi yang menambah kesan cute.

Untuk Vietnam, seragamnya bisa dibilang cukup unik, karena tidak terlihat seperti seragam sekolah. Vietnam mengenakan seragam yang dinamakan Ao Dai. Ao Dai untuk sekolah biasanya berwarna serba putih, sehingga memberi kesan pemakainya adalah seorang malaikat.

Berbeda dengan Jepang yang terlihat imut dan rapi, Korea Selatan juga memiliki ciri khas seragam para siswi yang unik pula. Para siswi Korea Selatan rupanya lebih cenderung terlihat sporty daripada imut dalam seragam mereka. Sementara negara Thailand menetapkan sebuah rok span berwarna coklat gelap sebagai bagian bawah seragam siswi mereka. Untuk bagian atas, para siswi memakai kemeja putih. Sehingga sekilas jika Anda ke Thailand, Anda akan melihat para siswi sekolah berpenampilan bak karyawan kantor.

Bagaimanakah seragam-seragam di negara lain? Anda bisa lihat fotonya di bawah ini. Foto diambil dari berbagai sumber. (tom)