Masalah rambut tidak hanya terjadi pada wanita saja, melainkan pada pria juga. Bedanya, wanita tahu cara mengakalinya, sementara pria cenderung cuek dengan penampilannya. Dilansir dari Boldsky, Kamis (21/8/2014), berikut adalah 5 tips merawat rambut untuk pria.

1. Mengeringkan rambut sebelum keluar rumah

Keringkan rambut sebelum Anda memutuskan untuk melangkah keluar rumah. Setelah selesai mandi, keringkan rambut dengan hati-hati. Jangan digosok terlalu keras karena hal itu hanya akan merusak rambut Anda.

2. Keramas secara teratur

Ada orang yang beranggapan kalau keramas tidak perlu setiap hari. Namun salah satu cara terbaik untuk memastikan rambut Anda tetap bersih adalah dengan keramas setiap hari. Gunakan shampo yang ringan untuk memastikan rambut Anda tetap baik dan sehat.

3. Hindari penggunaan produk kimia yang keras

Hindari penggunaan produk kimia keras yang dapat memiliki efek merusak pada rambut. Pastikan bahwa Anda juga telah menggunakan shampo, kondisioner dan produk perawatan rambut dengan bahan kimia ringan, atau lebih baik lagi menggunakan bahan alami.

4. Hindari topi atau helm ketat

Rambut juga butuh bernapas. Topi dan helm yang ketat dapat memiliki efek merusak pada rambut Anda. Keringat akan menumpuk di rambut dan kulit kepala yang pada akhirnya dapat memicu munculnya ketombe. Hal itu juga dapat berkontribusi terhadap kerontokan rambut dan masalah rambut yang lain.

5. Diet dan gaya hidup sehat

Pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Jadi, ketika Anda menjaga kesehatan Anda, jangan lupa untuk melakukan diet seimbang. Minum banyak air dan pastikan bahwa Anda telah terbebas dari stres dan tidur nyenyak.

Semoga kelima tips di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memiliki rambut sehat. (tom)