Pesinetron Tessa Kaunang akhirnya menggugat cerai sang suami lantaran Sandy Tumiwa memutuskan memeluk agama Islam. Tessa mengaku, sang suami telah berubah sikap sejak menjadi mualaf. Pasalnya, Sandy kerap menunjukkan tindakan aneh dalam kesehariannya.

“Hanya memang sejak awal mualaf, dia beda dengan delapan tahun lalu sebelumnya. Dia baru menjalankan beberapa bulan agama kecilnya, kata dia. Tapi menurut saya itu belum membuktikan apapun. Kalau yang namanya proses itu seumur hidup. Saya kenal dia yang delapan tahun lalu. Yang sekarang, saya tidak kenal Sandy siapa,” ujar Tessa seperti dilansir Kapanlagi, Kamis (21/8/2014)

Tessa mengatakan bahwa gugatan cerainya yang dilayangkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu sudah dipertimbangkan dengan matang. Ia pun sudah mendiskusikannya dengan Sandy dan pihak keluarga masing-masing.

“Kalau (diskusi) sama keluarga pribadi (orangtuanya) sering. Bahkan dengan pendeta saya. Namun kalau dengan keluarga besar nggak sering, mengingat kesibukan masing-masing. Menurut saya karena masalah ini pernikahan maka jadi persoalan keluarga,” lanjut ibu anak dua tersebut.

“Kalau misalkan Sandy jadi mualaf harusnya yang diajak bicara dulu ya sama istrinya. Tapi tidak dilakukan. Kita lihat prioritas mana yang didahulukan. Jadi kita lihat sebab akibat, efeknya juga. Karena tahu saya melakukan ini apa. Namun nggak tahu bagaimana ke depannya gitu. Jadi kita lakukan yang saat ini,”¬†lanjut Tessa

Rencananya, jika tak ada aral melintang sidang perdana keduanya akan digelar pada Senin, 25 Agustus 2014 dengan agenda awal mediasi. Dalam menghadapi proses cerainya, Tessa menggandeng kuasa hukum Elza Syarief

“Kuasa hukumnya Elza Syarief telah mendaftarkan gugatan. Didaftar register 16 Juli 2014 dengan nomor 408/Pdt.g/2014/PN.JKT.Sel. Benar mengajukan gugatan ditujukan kepada Sandy Tumiwa,” kata Matheius Samiadji SH MH, selaku juru bicara Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (nha)