Soto adalah hidangan yang berasal dari Indonesia. Hidangan ini memiliki cita rasa yang lezat. Jika disantap, masakan ini bisa mengeyangkan perut. Umumnya, soto bisa dinikmati dengan semangkuk nasi. Dalam hidangan soto, kerap dilengkapi dengan potongan daging sapi, maupun daging ayam. Kali ini, JadiBerita akan mengulas hidangan soto khas Makassar.

Soto ini bernama Cocota. Robert yang merupakan sang pemilik kedai mengatakan hidangannya selalu diburu oleh para pengunjung. Bahkan, Cocota kini dijadikan menu favorit. Saking lakunya, Robert memiliki kedai lain yang berada dikawasan Gading Serpong. â??Banyak orang datang kembali ke warung kita. Kita juga buka di kawasan Gading Serpong ini,â? ujar Robert, seperti dilansir Kompas, Jumat (22/8/2014)

Di warung soto miliknya, Robert khusus menjual coto makassar saja yaitu soto daging khas kota Daeng. Dalam semangkuk sajian soto itu terdapat buras dengan daging sapi bercampur isi perut (jeroan) sapi. Ia mengatakan tak menghidangkan nasi sebagai pelengkap makan cocota. â??Sebenarnya biasanya ada yang pesan coto dengan nasi, tapi di sini kita tidak menyediakan nasi melainkan buras saja,â? tandas Robert

Lebih lanjut Robert menuturkan, warung miliknya begitu ramai saat hari-hari biasa. â??Mungkin karena rasa coto makassar yang cocok dengan lidah orang sini ya,â? akunya.

Dalam membuat Cocota, ternyata Robert memakai rempah dan bumbu yang tak ditambahkan pada coto makassar yang dijajakan di warung lain. Sayangnya, Robert enggan memberkan resep rahasia yang ia miliki. â??Ada rempah tambahan, tapi rahasia,â? pungkas Robert seraya tertawa

Apabila ingin menyantap soto lezat ini, pembeli harus merogoh kocek sebesar Rp 28.000 untuk satu porsi coto makassar ini. â??Tak ada perbedaan harga di warung kita dengan di sini, sama-sama segini,â? kata Robert. (nha)