Sebuah keluarga yang tinggal di desa Zacherevye, 250 kilometer di sebelah utara Minsk, Belarusia, menjadi sorotan media karena telah membesarkan serigala liar sebagai hewan peliharaan.

Sudah lima tahun, sejak keluarga Selekh membesarkan empat serigala liar di rumah mereka. Bahkan, perilaku hewan peliharaan mereka cukup berlawanan dengan apa yang biasanya dilakukan oleh serigala liar pada umumnya.

Alisa dan Oleg membawa salah satu serigalanya jalan-jalan
Alisa dan Oleg membawa salah satu serigalanya jalan-jalan

Secara naluriah, serigala terlahir liar, dan mengikuti kode hirarki yang ketat dalam kelompok mereka, yang dipimpin oleh pasangan alpha. Tetapi serigala yang dibesarkan oleh keluarga Selekh tidak menunjukkan karakteristik tersebut.

Sebaliknya, serigala-serigala itu terlihat sangat ramah dan suka bermain dengan manusia. Alisa Selekh, 10 tahun, bersahabat baik dengan semua serigala yang dipelihara oleh ayahnya. Serigala-serigala itu sering mengajaknya bermain dan memberi tunggangan kepadanya.

Keluarga Selekh sedang bermain dengan serigala peliharaan mereka
Keluarga Selekh sedang bermain dengan serigala peliharaan mereka

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (23/8/2014), secara mengejutkan serigala-serigala liar ini juga tidak menunjukkan selera mereka pada daging manusia. Alisa bahkan dapat berguling-guling bersama mereka dan berbagi ciuman dengan mereka tanpa takut digigit oleh taring tajam mereka.

Hubungan unik antara serigala dan manusia ini dimulai pada tahun 2009, ketika Oleg, ayah Alisa, yang bekerja sebagai pengawas binatang liar, membawa empat serigala muda ke rumahnya. Saat itu, Oleg melalui salah satu trek yang biasa ditempuhnya saat menyusuri hutan. Anjingnya, Silva, kemudian menemukan empat anak serigala yang ditinggal mati induknya.

Salah satu serigala mencium Alisa
Salah satu serigala mencium Alisa

Induk mereka telah ditembak oleh pemburu, dan anak-anak serigala yang menggemaskan itu tidak bisa bertahan hidup sendirian di tengah musim dingin yang keras. Jadi, dia pun memutuskan untuk membawa mereka pulang, dan membangun sebuah kandang khusus untuk mereka.

Selama bertahun-tahun, serigala yang dipelihara oleh keluarga Selekh telah menjadi populer di kalangan masyarakat setempat. Mereka sering berkumpul untuk menyaksikan Alisa bermain dengan serigalanya dan merasa kagum dengan keramahan serigala-serigala itu. (tom)