Mumi adalah salah satu bukti sejarah paling fenomenal yang pernah ditemukan dunia arkeologi. Berbagai penemuan jasad yang diawetkan ini telah menyumbangkan beberapa informasi penting bagi ilmu pengetahuan tentang kebudayaan dan peradaban manusia di zaman dahulu. Biasanya mumi identik dengan negara Mesir, namun ternyata mumi tidak hanya terdapat di Mesir saja. Dilansir dari Merdeka, Minggu (24/8/2014), Anda bisa melihat mumi di 6 tempat berikut ini.

1. Museum of Egyptian Antiquities, Mesir

Museum of Egyptian Antiquities, Mesir
Museum of Egyptian Antiquities, Mesir

Museum of Egyptian Antiquities atau lebih dikenal dengan nama singkatnya Museum Mesir adalah sebuah museum yang terletak di ibukota Mesir, Kairo. Museum ini menyimpan lebih dari 120.000 koleksi yang menjadi bukti peninggalan masa kerajaan Mesir kuno.

2. Murambi Genocide Memorial Centre, Rwanda

Murambi Genocide Memorial Centre, Rwanda
Murambi Genocide Memorial Centre, Rwanda

Murambi Genocide Memorial Centre adalah situs sejarah yang terletak di Distrik Murambi, Rwanda. Tempat itu dulunya adalah sebuah gedung sekolah dengan nama Murambi Technical School. Gedung itu merupakan lokasi pembantaian dalam peristiwa genosida Rwanda yang terjadi pada tahun 1994. Sekarang gedung sekolah yang menjadi lokasi pembantaian itu diabadikan sebagai memorial center merangkap museum genosida yang dibuka untuk umum.

3. Museum Mumi Guanajuato, Meksiko

Museum Mumi Guanajuato, Meksiko
Museum Mumi Guanajuato, Meksiko

Mengunjungi Guanajuato di Meksiko, Anda akan disarankan untuk mengunjungi Museo De Las Momias De Guanajuato. Museum yang secara harfiah berarti ‘museum mumi Guanajuato’ ini merupakan salah satu objek wisata yang jadi andalan Guanajuato, sebab museum ini memang menawarkan koleksi yang tidak biasa, yaitu mumi. Berbeda dengan mumi pada umumnya yang memang sengaja diawetkan, jasad-jasad penduduk sipil dari abad 19 yang ada di sini menjadi mumi dengan sendirinya.

4. Katakombe Capuchin, Italia

Katakombe Capuchin, Italia
Katakombe Capuchin, Italia

Katakombe Capuchin yang terletak di Palermo, Sicilia, Italia adalah sebuah gua kuno yang berfungsi sebagai tempat persemayaman jenazah sejak abad 16. Gua yang berlokasi tepat di bawah gereja ini dijadikan tempat persemayaman jenazah oleh para biarawan sejak tahun 1599 ketika mereka mengetahui kelembapan di gua itu bisa menjadikan jenazah tidak cepat busuk.

5. Gua Timbac, Kabayan, Filipina

Gua Timbac, Kabayan, Filipina
Gua Timbac, Kabayan, Filipina

Salah satu situs penting yang menyimpan koleksi mumi di Asia Tenggara adalah Gua Timbac yang terletak di daearh Kabayan, Filipina. Situs ini berupa serangkaian gua yang berada di atas lembah Timbac. Di sana terdapat belasan mumi yang disemayamkan dalam sarkofagus-sarkofagus batu berbentuk oval.

6. Kuil Dainichi-boo, Jepang

Kuil Dainichi-boo, Jepang
Kuil Dainichi-boo, Jepang

Kuil ini menyimpan jenazah biarawan pengikut shugendo, sekte kuno agama Buddha yang berkembang di daerah utara Jepang. Jepang juga punya tradisi kuno untuk mengawetkan jenazah menjadi mumi. Tradisi ini disebut Sokushinbutsu. Pemerintah Jepang sebenarnya sudah melarang praktik penyangkalan diri Sokushinbutsu ini sejak akhir abad 19, tetapi sekte itu sendiri masih bertahan sampai abad 20. Mumi yang terkenal di kuil ini adalah mumi Shinnyokai Shonin. (tom)