Abon merupakan kuliner yang terbuat dari olahan daging sapi atau ayam. Rasanya yang gurih dan lezat membuat penganan yang satu ini kerap kali dijadikan makanan pendamping yang dicampur nasi. Abon biasanya dibungkus dalam plastik sehingga mudah dibawa kemanapun dan praktis. Berbicara soal Abon, Solo terdapat sejumlah toko yang menjual abon dengan kualitas terjamin dan terkenal akan rasanya yang lezat.

Dikutip dari solopos.com (Minggu, 24/8/2014), di deretan kawasan Coyudan, Solo, terdapat beberapa toko yang menjual abon dengan rasa lezat. Salah satunya adalah Kedai Pangan Varia, toko ini sudah menjual abon sejak tahun 1935. Abon produksi toko ini begitu melegenda sehingga memiliki sebutan Abon Varia.

Toko yang berlokasi di Jl. dr. Rajiman No. 132, Solo ini menyajikan abon dengan dua varian rasa yang berbeda, yakni Abon Varia rasa manis dan Abon Varia rasa pedas. Keduanya memiliki keunikan masing-masing dan rasa yang sangat lezat.

Harga dari setiap abon berbeda-beda, untuk Abon Varia rasa manis dibanderol dengan harga Rp 64.000, sedangkan harga Abon Varia rasa pedas dijual dengan harga Rp 65.000. Ada juga Abon Varia yang terbuat dari olahan daging ayam yang dijual dengan harga lebih murah. Abon Varia ayam rasa manis dijual dengan harga Rp 44.000, sedangkan Abon Varia ayam rasa pedas seharga Rp 45.000.

Selain Kedai Pangan Varia, terdapat toko lainnya yang juga menjual abon dan oleh-oleh lainnya khas kota Solo,. Toko Mesran yang beralamat di Jl Kalilarangan No 71, Solo dirintis oleh pasangan suami-istri Mesran Mistopawiro dan Wagiyem sejak tahun 1987, Toko ini selalu ramai pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh khas Solo. Awal mula toko ini terkenal dengan jualan serundengnya, namun seiring berjalannya waktu, abon pun menjadi dagangan yang laris manis diburu pembeli.(dea)