Indonesia terkenal sebagai salah satu negara dengan pemandangan dan bentang alam yang indah dibandingkan dengan negara lain. Hal itu juga berlaku pada jalanan yang dilalui oleh kendaraan. Dilansir Merdeka, Senin (25/8/2014), berikut adalah 5 jalan terindah di Indonesia.

1. Kelok 9

Kelok 9
Kelok 9

Kelok 9 merupakan jalanan dengan landscape indah yang terletak di Sumatera Barat tepatnya 30 km sebelah timur kota Payakumbuh. Kelok 9 yang menghubungkan daerah lintas tengah Sumatera dengan Pantai Timur Sumatera ini memiliki lebar 5 meter dengan diapit dua perbukitan yang masuk dalam cagar alam Air Putih dan Lembah Harau.

2. Kelok 44

Kelok 44
Kelok 44

Selain kelok 9, juga terdapat satu lagi jalanan indah bernama Kelok 44 di Provinsi Sumatera Barat. Berada di Kabupaten Agam, Kelok 44 membentang di perbukitan sekitar Danau Maninjau. Disebut Kelok 44 karena jalanan ini memang memiliki 44 buah kelokan. Dengan pemandangan dan landscape yang menakjubkan sepanjang jalan ini, Kelok 44 pun menjadi salah satu ikon balap sepeda Tour de Singkarak.

3. Jalan Tol Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara
Jalan Tol Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara menjadi jalan tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas laut. Jalan tol ini membentang sepanjang 12,7 km dengan menghubungkan Nusa Dua, Ngurah rai, dan Benoa. Diresmikan pada tanggal 23 September 2013, jalan tol ini menjadi salah satu jalan tol dengan pemandangan terindah di dunia.

4. Jalan Heat Tembagapura

Jalan Heat Tembagapura
Jalan Heat Tembagapura

Jalan Heat Tembagapura merupakan jalur menuju ke pertambangan Grasberg di kawasan PT. Freeport Indonesia. Jalanan sepanjang 8km itu membelah perbukitan di Tembagapura ini memiliki fungsi sebagai jalur utama pengiriman alat berat ke area tambang.

5. Lingkar Nagreg

Lingkar Nagreg
Lingkar Nagreg

Lingkar Nagreg, jalur alternatif saat mudik lebaran yang baru dibuka beberapa tahun yang lalu ini juga menjadi salah satu jalanan dengan landscape indah. Dibangun untuk tujuan mengurai kemacetan di jalur utama nagreg terutama kala musim mudik menjelang, lingkar nagreg memiliki daya pikat tersendiri terutama di bagian terowongan Lingkar Nagreg. (tom)