Indonesia memiliki aneka ragam kuliner mulai dari sabang hingga merauke. Beruntung sebagai orang Indonesia kita bisa mencicipi beraneka hidangan yang beraneka rasa dan manfaat. Tak jarang kuliner di Indonesia menarik minat wisatawan asing yang datang ke tanah air untuk ikut mencicipinya sehingga kuliner nusantara pun begitu terkneal hingga ke mancanegara.

Dikutip dari solopos.com (Rabu, 27/8/2014), berikut ini lima kuliner Indonesia yang mendunia.

1. Nasi Goreng

Nasi Goreng
Nasi Goreng

Nasi goreng adalah makanan yang terbuat dari bahan utama nasi yang kemudian digoreng dalam wajan berminyak panas dan diberi beraneka macam bumbu dan kecap manis. Sebagai pelengkap rasa biasanya nasi goreng diberi tambahan telur dan irisan daging ayam. Nasi goreng masuk ke dalam 50 makanan paling enak oleh situs CNNGo.

2. Rendang

Rendang
Rendang

Makanan khas Padang, Sumatera Barat, ini juga termasuk ke dalam 50 makanan paling enak versi CNN. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam rebusan santan dan diberi bumbu-bumbu rempah. Rasanya pedas dan gurih dijamin membuat ketagihan.

3. Gado-gado

Gado-gado
Gado-gado

Kuliner ini adalah salad khas Indonesia. Segar dan menyehatkan. Gado-gado ini merupakan campuran beraneka sayuran yang disiram dengan bumbu kacang. Bumbu kacang inilah yang membuat rasa gado-gado ini semakin nikmat. Kuliner ini menang pada lomba masak Internasional Liotorale Flegreo Nel Mondo yang digelar di Napoli, Italia, tahun 2010.

4. Sate

Sate
Sate

Irisan daging ayam atau daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusur ke dalam tusuk kayu ini memiliki rasa yang gurih. Disiram saus kacang dan dimasak dengan cara dibakar, kenikmatan sate tiada bisa yang memungkiri. Presiden Barack Obama pun saat datang ke Indonesia mengatakan makanan kesuakaannya adalah sate. Kuliner ini pun sudah dikenal di Amerika Serikat sejak tahun 1999.

5. Bakso

Bakso
Bakso

Kuliner terakhir yang mendunia adalah bakso. Kuliner ini terbuat dari daging sapi yang dibentuk bulat-bulat yang kemudian dimasukan ke dalam kuah kaldu. Rasanya gurih dan nikmat. Pedagang bakso yang ada di Indonesia biasanya memberi campuran mi, bihun, dan sayur sebagai teman pelengkap makan bakso. Sejumlah media di Amerika Serikat seperti nolo.com, boston globe, dan CDApress.com, menulis artikel tentang bakso yang berjudul “Bakso: the soup President Obama loved as a child”, yang ditayangkan 15 November 2010.(dea)