Kanker payudara merupakan suatu penyakit mematikan yang dapat menewaskan kaum wanita. Tetapi, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, para dokter di seluruh dunia pun memiliki cara untuk menanggulangi penyakit tersebut. Salah satunya adalah melepas bra atau pakaian dalam wanita saat tidur di malam hari. Wanita yang tidur dengan memakai bra bisa menghambat sirkulasi peredaran darah.

Seperti dilansir ChetDay, Rabu (27/8/2014), menurut Singer Sydney selaku peneliti memakai bra yang terlalu lama dapat meningkatkan suhu jaringan payudara. Sedangkan, wanita yang memakai bra memiliki kadar hormon prolaktin (hormon yang berfungsi untuk merangsang kelenjar susu) lebih tinggi. Itu artinya kedua hal ini dapat mempengaruhi pembentukan kanker payudara.

Dia menambahkan, wanita yang memakai bra terlalu ketat bisa membahayakan kesehatan. Pasalnya, kondisi itu dapat membatasi aliran getah bening di payudara.

Belum lama ini, sebuah studi menyatakan wanita yang memakai bra selama 24 jam sehari berisiko paling tinggi terkena kanker payudara, sedangkan wanita yang jarang memakai bra paling sedikit risikonya. Di bawah ini perbandingan hasil studi tersebut menunjukkan :

a) 1.3 dari 4 wanita yang memakai bra 24 jam per hari

b) 2.1 dari 7 wanita yang memakai bra lebih dari 12 jam per hari, tetapi tidak menggunakannya saat tidur

c) 3.1 dari 152 wanita yang memakai bra kurang dari 12 jam per hari

d) 4.1 dari 168 wanita yang jarang atau bahkan yang tidak pernah memakai bra sama sekali

Hasil lain menunjukkan, sebanyak 75% wanita yang mengidap kanker payudara sesungguhnya tidak memiliki faktor risiko kanker.  Akan tetapi, jika Anda merasa risih tidak mengenakan bra, sebaiknya pakailah bra longgar atau bra yang berbeda digunakan ketika kerja. Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan JBers! (nha)