Wah, Ada Anggur Warna-warni

Sebelumnya telah muncul makanan yang cukup unik, yaitu jagung pelangi. Dinamakan demikian karena memang jagun itu memiliki warna yang beragam. Kini muncul lagi makanan serupa, hanya saja kali ini makanannya adalah buah anggur.

Berbeda dengan jagung pelangi yang memang benar-benar nyata, anggur warna-warni ini kerap dituduh seperti rekayasa dan tidak nyata. Jadi, apakah anggur pelangi ini benar-benar ada?

Jawabannya ya dan tidak. Anggur yang memiliki buah berwarna-warni memang ada, tetapi sebenarnya itu hanya anggur biasa yang sedang dalam tahap pematangan. Dalam dunia sommelier (minuman olahan anggur) anggur seperti ini sedang berada dalam tahap Veraison, atau ‘pematangan awal’. Saat itu anggur masih belum matang sempurna, jadi masing-masing buah memiliki warna yang berbeda.

“Ketika melalui tahap Veraison, jika anggur putih warnanya akan berubah dari nuansa hijau tua hinga hijau kekuningan. Jika anggur merah cenderung berwarna hijau hingga merah,” kata Larry Stone, master sommelier dan pemilik restoran seperti dikutip Oddity Central, Kamis (28/8/2014). Tetapi ketika anggur sudah matang sepenuhnya, pada akhirnya semua akan memiliki warna yang sama. Anda bisa melihat warna anggur warna-warni yang asli pada foto di bawah ini.

Anggur pelangi asli
Anggur pelangi asli

Sementara foto-foto anggur pelangi dengan nuansa warna kontras, mulai dari biru cerah, hijau neon, hingga ungu terang yang beredar di internet selama beberapa waktu ini adalah hasil rekayasa. Beberapa foto itu merupakan kontestan untuk suatu lomba rekayasa foto. Anda bisa melihatnya pada foto di bawah ini.

Anggur elangi rekayasa
Anggur elangi rekayasa

Sayangnya fenomena anggur pelangi ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab yang mencoba mengambil keuntungan dengan cara menjual benih anggur pelangi yang sebenarnya tidak ada, karena pada akhirnya setelah matang semua anggur akan memiliki warna yang sama tergantung varietasnya. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Pakai Deodoran Jangka Panjang Sebabkan Bau Ketiak

Menyantap Ayam Betutu Gilimanuk di Blok M