Fobia atau ketakutan akan sesuatu memang sangat beragam, mulai dari fobia ketinggian, tempat gelap sampai takut pada karet gelang. Namun di antara fobia itu, ada juga fobia yang berhubungan dengan teknologi. Berikut adalah 5 fobia terhadap teknologi menurut Dr Martin Antony, seorang peneliti dan spesialis fobia, seperti dikutip dari Mashable, Kamis (28/8/2014).

1. Nomophobia

Nomophobia merupakan ketakutan ketika apabila tidak membawa atau dekat dengan perangkat mobile. Nama Nomophobia sendiri diambil dari kata No Phone atau juga Nomo (No-Mobile). Fobia semacam ini dimasukkan dalam jenis fobia baru sejak tahun 2008 silam dan ternyata banyak juga pengidap fobia ini di seluruh dunia.

2. Cyberphobia

Cyberphobia adalah ketakutan akan sebuah PC atau bekerja dengan menggunakan perangkat komputer. Orang-orang yang mengidap fobia ini akan merasa tidak nyaman ketika berada di dekat perangkat komputer karena merasa sebuah PC dapat membuat hidupnya berantakan.

3. Telephonophobia

Telephonophobia ini hampir sama dengan Nomophobie. Bedanya adalah apabila Nomophobia merupakan ketakutan bila tidak membawa perangkat mobile, Telephonophobia ini adalah ketakutan untuk menerima atau melakukan panggilan dengan menggunakan telepon. Orang yang menderita fobia ini memiliki ketakutan untuk berbicara di depan umum dan merasa deringan telepon adalah suatu hal yang dapat membuatnya panik atau terintimidasi.

4. Selfiephobia

Selfiephobia adalah ketakutan untuk mengambil foto diri sendiri dan mengunggahnya ke internet karena merasa nantinya foto-foto dirinya itu akan disalahgunakan oleh orang lain untuk tujuan yang tidak baik. Selain itu, orang-orang yang mengidap fobia Selfiephobia ini juga merasa kurang percaya diri dan merasa dirinya tidak fotogenik.

5. Technophobia

Technophobia atau ketakutan akan teknologi dapat dikatakan sebagai kakek buyut semua fobia teknologi yang ada. Orang-orang yang mengidap fobia ini akan merasa takut dengan perkembangan teknologi. (tom)