Resiko kegemukan tidak hanya terjadi saat kita banyak makan saja, namun ternyata kebiasaan minum kita juga perlu diperhatikan. Hal ini mungkin tidak terduga, tapi dari minuman, Anda pun bisa menimbun kalori berlebih yang nantinya justru akan menambah berat badan Anda. Dilansir dari womenshealthmag.com, Jumat (29/8/2014), berikut adalah beberapa kebiasaan minum yang bisa picu kegemukan.

1. Minum jus buah kemasan

Minum jus buah memang sangat sehat, namun itu jika Anda membuatnya langsung dari buah segar. Namun jika Anda ingin sehat namun hanya membeli jus diet kemasan, maka Anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Seringkali jus kemasan yang mengaku sangat baik untuk diet malah mengandung banyak gula dan kalori yang menimbulkan kegemukan.

2. Tidak cukup minum

Air ternyata sangat penting dalam menurunkan berat badan. Air merupakan alat detoks alami yang sangat baik mengeluarkan semua limbah atau racun dalam tubuh. Jika Anda tidak cukup minum, hal ini juga akan mempersulit pembakaran kalori dan pembuangan limbah dalam tubuh, yang memicu terjadinya penimbunan lemak dan kegemukan.

3. Minum soda diet

Jangan pernah percaya minuman diet, atau bahkan soda. Jika Anda minum minuman bersoda atau berkarbonasi, Anda akan sangat mungkin meningkatkan kalori dalam tubuh, menumpuknya dan menjadikan lemak dalam tubuh. Soda sangat buruk untuk tubuh, apalagi dengan tambahan gula buatan dan pengawet serta tidak mengandung nutrisi lain.

4. Minum kopi

Minum kopi mungkin sehat saat satu atau dua kali saja dalam seminggu, namun tidak untuk diminum setiap hari dan bahkan 3 cangkir sehari. Kopi memiliki kadar kalori yang cukup tinggi, apalagi jika Anda memasukkan tambahan krim atau susu ke dalam kopi yang Anda minum. (tom)