Kakek 60 Tahun Pasang Turban Terberat di Dunia


Kebanyakan orang biasanya tidak ingin membawa sesuatu yang berat di atas kepalanya karena khawatir kepalanya nanti akan bermasalah, meskipun di Indonesia sendiri banyak orang yang sudah terbiasa membawa barang dagangan di atas kepalanya. Namun kakek yang satu ini bisa dibilang luar biasa. Siapa kakek itu?

Kakek itu bernama Sikh Avtar Singh Mauni. Dia tidak pernah merasa keberatan berdandan selama enam jam sehari untuk memasang turban di kepalanya. Kenyataannya, ia adalah seorang kakek berusia 60 tahun dari India yang berhasil mencatatkan dirinya di Guiness Book of World Records sebagai pemakai turban terberat di dunia.

Turban yang dipakai sang kakek selama 16 tahun ini panjangnya sekitar 645 meter, sama dengan 13 kali panjang kolam renang untuk kejuaraan Olimpiade. Berat dari turban itu sendiri adalah 45,3 kg. Dengan memakai turban tersebut, kakek Mauni tidak bisa menumpang mobil. Karena kepalanya terlalu besar, ia harus mengendarai sepeda motor saat bepergian di Punjab.

“Aku tidak menganggap ini sebagai beban,” ceritanya seperti dilansir dari Metro, Sabtu (29/8/2014). “Aku justru sangat bahagia memakainya. Jika aku tidak memakainya, aku merasa ada sesuatu yang kurang dariku.”

Karena sangat senang dengan turbannya, dia berniat untuk terus menggunakan penutup kepala itu selama masih kuat. “Sampai aku tidak punya lagi kekuatan, aku akan memakainya di kepalaku,” katanya. Untuk melengkapi penampilannya, kakek Mauni juga membawa pedang dan gelang yang berat. Tak ayal, dia pun menjadi selebritas lokal yang mengundang banyak perhatian warga.

“Ketika aku keluar rumah, banyak orang melihatku, beberapa merasa sangat terkesan,” jelasnya. “Namun kadang, mereka hanya ingin mengambil fotoku terus-menerus hingga aku harus berteriak supaya mereka berhenti.”

Aksinya ini mendapat apresiasi dari komunitas Sikh yang kebanyakan sudah lupa cara menggunakan turban. “Komunitas kami belajar banyak darinya dan anak-anak kami bisa melihat bahwa mereka seharusnya memanjangkan rambut dan memakai turban,” jelas komunitas Sikh. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak