Mungkin beberapa dari Anda menyukai makanan asal Jepang yang bernama sushi dan sering datang ke restoran sushi yang kini sudah banyak tersedia di Indonesia. Namun tahukah Anda kalau selama ini mungkin cara makan sushi yang Anda lakukan salah?

Menurut Naomichi Yasuda, pemilik “Manhattan’s Sushi Yasuda” dan “Sushi Bar Yasuda” di Tokyo, Jepang, masih banyak orang yang salah dalam cara memakan sushi. Dia berkata kalau memakan sushi itu harus sempurna, mulai dari detail yang paling kecil sekalipun, hingga cara memakan sushi, supaya Anda bisa menikmatinya. Berikut cara makan sushi yang benar menurut Naomichi Yasuda.

1. Makanlah sushi roll dengan tangan, bukan dengan sumpit.
2. Wasabi sebenarnya adalah sayuran asli Jepang. Namun, beberapa wasabi yang dijual di luar Jepang sebenarnya adalah campuran dari lobak, mustard, pati dan pewarna makanan hijau, yang merupakan bahan pengganti yang buruk.
3. Jahe hanya sebagai “pembersih” atau “penetralisir” rasa sashimi dari lidah. Jangan campurkan dengan kecap, dan jangan pernah sekali-kali makan jahe ini ketika Anda masih mengunyah sushi. Makanlah jahe tersebut setelah Anda sudah selesai mengunyah habis sushi.
4. Orang asing suka menyiram sushi mereka dengan kecap, tapi sebenarnya Anda hanya perlu menggunakan sedikit saja di salah satu sisi. Jika Anda makan roll sushi (makizushi), maka ambil sushi tersebut dengan tangan, pegang bagian rumput lautnya, dan celupkan bagian nasinya ke dalam kecap. Jika yang Anda makan adalah nasi dengan topping (nigirizushi), maka gunakan sumpit untuk menggulingkannya ke samping, angkat sushi itu, kemudian celupkan bagian ikannya perlahan ke dalam kecap. Ingat, jangan pernah mengguncang sushinya.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat cara makan sushi yang benar melalui video di atas. Dengan begitu, kini Anda bisa makan sushi layaknya orang Jepang asli. (tom)