Di zaman modern seperti ini, setiap orang dituntut harus memiliki intelektual yang tinggi dan wawasan yang luas. Sumber wawasan bisa berasal darimana saja, misalnya membaca buku, browsing dari internet, dan mengotak-atik ponsel.

Saat ini, ponsel menjadi perangkat teknologi canggih yang dapat dimiliki oleh siapa saja. Dengan ponsel, seseorang dapat berkirim kabar dengan kerabat jauh yang terpisah ruang dan waktu. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa bisa menikmati beragam fasilitas dan layanan yang terdapat pada ponsel, misalnya layanan chating, sms, hingga permainan.

Terkait perkembangan ponsel yang setiap tahunnya meningkat drastis, sebuah studi terbaru mengklaim bahwa yang paling mendominasi memakai ponsel adalah kalangan remaja. Tim peneliti di Baylor University, Texas, Amerika Serikat, pun menyebut bahwa remaja perempuan menghabiskan 10 jam sehari untuk berkirim pesan singkat, e-mail atau surat elektronik dan media sosial. Sementara remaja laki-laki, rata-rata menggunakan ponselnya delapan jam sehari.

Seperti dikutip Daily Mail, Rabu (3/9/2014), Profesor James Roberts selaku ketua studi, mengatakan, tak dapat dibendung jika remaja yang kecanduan ponsel akan semakin realistis di masa mendatang. Survei ini mengikutsertakan 164 remaja di sekolah menengah. Saat itu, para responden ditanya tentang berapa lama waktu menggunakan ponsel dan aplikasinya. Alhasil, 60% menjawab rata-rata 10 jam bermain dengan ponsel, yang sudah masuk taraf kecanduan.

Secara keseluruhan, para remaja tersebut menghabiskan sebagian besar waktunya untuk chatting dengan rata-rata 94,6 menit per hari. Selain itu, 48 menit mereka habiskan menggunakan e-mail, 38,6 menit media sosial, dan mendengarkan musik 26,9 menit.

“Remaja wanita cenderung menggunakan ponsel untuk alasan sosial seperti media sosial atau e-mail untuk membangun hubungan dan melakukan percakapan lebih dalam,” katanya.

Profesor Roberts memperingatkan bahwa penggunaan ponsel terlalu berlebihan bisa berdampak buruk dan membuat seseorang tak fokus dalam mengerjakan sesuatu. (nha)