Rio de Janeiro, kota terbesar kedua di Brasil, memiliki segala hal yang dicari oleh wisatawan, seperti hamparan pantai berpasir putih yang berkilau, lanskap pegunungan dan pelabuhan yang indah. Karena memiliki berbagai macam tempat wisata, maka Rio de Janeiro ini sering disebut sebagai cidade maravilhosa atau kota yang luar biasa. Dilansir dari Merdeka, Kamis (4/9/2014), berikut adalah 6 objek wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berwisata ke Rio de Janeiro.

1. Patung Kristus Sang Penebus

Patung Kristus Sang Penebus
Patung Kristus Sang Penebus

Bertengger di atas ketinggian 710 meteran di puncak Gunung Corcovado di Taman Nasional Hutan Tijuca, patung Kristus sang Penebus berdiri dengan tangan terentang, menghadap kota Rio de Janeiro. Patung ini telah menjadi ikon bagi kota Rio de Janeiro dan Brasil. Pembangunan patung tersebut dimulai pada tahun 1922, selama masa kejayaan gerakan Art Deco, dan dianggap sebagai patung Art Deco terbesar di dunia.

2. Ipanema

Ipanema
Ipanema

Ipanema adalah sebuah lingkungan yang terletak di Zona Selatan kota Rio de Janeiro, Brasil, antara Leblon dan Arpoador. Di sini Anda bisa menikmati hamparan pasir putih yang lembut dan gelombang yang bergulir tenang. Pemandangan itu membuat Ipanema sering masuk dalam daftar Pantai Terbaik di Dunia.

3. Gunung Sugarloaf

Gunung Sugarloaf
Gunung Sugarloaf

Gunung Sugarloaf adalah puncak tertinggi di Rio de Janeiro, Brasil, yang berada di mulut Teluk Guanabara di semenanjung yang menjorok ke Samudera Atlantik. Pengunjung dapat mencapai puncak gunung ini melalui mobil kabel berdinding kaca yang dikenal sebagai bondinho atau Teleferico.

4. Jardim Botanico

Jardim Botanico
Jardim Botanico

Terletak di sebelah barat kawasan Lagoa, Rio de Janeiro Botanical Garden, atau Jardim Botanico, merupakan rumah bagi lebih dari 8.000 spesies tanaman. Dibangun pada awal 1800-an, pengunjung bisa menikmati pemandangan pohon-pohon palem yang menjulang. Pengunjung juga dapat melihat 600 jenis anggrek yang ditanam di taman.

5. Santa Teresa

Santa Teresa
Santa Teresa

Kota ini terletak di atas bukit Santa Teresa, dan terkenal karena jalannya yang berkelok-kelok dan sempit, yang rupanya telah menjadi tempat favorit bagi para seniman dan wisatawan. Bertengger di sebuah bukit yang menghadap pelabuhan kota, Santa Teresa mengundang pengunjung untuk menikmati pemandangan rumah-rumah perkebunan abad ke-19 dan jalan-jalan batu.

6. Lapa

Lapa
Lapa

Terletak di pusat kota Rio, Lapa juga dikenal sebagai Centro, lingkungan yang dulunya merupakan distrik lampu merah di kota ini. Saat ini, daerah tersebut dikenal dengan monumen dan kehidupan malamnya yang ramai. Sebagian besar arsitektur lingkungan di tempat ini membawa pengunjung kembali ke tahun 1800-an, memberikan latar belakang yang indah untuk sebuah perayaan. Tempat ini adalah tempat yang tepat untuk mencicipi masakan lokal Brasil. (tom)