Lagu bisa menjadi bentuk ungkapan hati bagi yang menciptakan atau si penyanyinya. Namun apa jadinya jika sebuah lagu yang tercipta di dunia ini justru membuat banyak orang ketakutan? Dilansir dari Merdeka, Kamis (4/9/2014), berikut adalah 5 lagu yang dianggap berbau mistis.

1. Lengsir Wengi

Lagu berjudul ‘Lingsir Wengi’ adalah sebuah lagu yang seluruh liriknya berbahasa Jawa. Tak banyak yang tahu tentang makna asli dari lirik lagu ini. Namun cerita yang berkembang di masyarakat khususnya di tanah Jawa, lagu ini adalah ritual untuk memanggil hantu. Hantu yang dimaksud adalah hantu wanita, atau yang biasa disebut kuntilanak.

2. Nina Bobo

Lagu Nina Bobo yang sering Anda dengar ternyata menyiratkan sebuah kisah tragis dan memilukan di zaman dahulu. Konon katanya ada sebuah keluarga Belanda yang kala itu menduduki Indonesia. Keluarga tersebut memiliki seorang anak perempuan bernama Nina. Dikabarkan saat itu Nina sedang kerasukan Hingga suatu malam akhirnya makhluk halus yang merasuki Nina keluar dan Nina tersadar. Ibunya yang kala itu mendapati Nina sudah normal menangis melihat anaknya sembuh. Nina kemudian meminta ibunya untuk menyanyikan sebuah lagu agar Nina bisa tidur. Sejak malam itu, Nina tertidur pulas dan tidak pernah bangun lagi alias meninggal. Konon katanya, jika seorang anak dinyanyikan lagu itu, Nina akan datang dan menjaga anak tersebut dari gangguan makhluk halus.

3. Gloomy Sunday

“Gloomy Sunday” adalah lagu ciptaan Lazzlo Javor. Tadinya dia menciptakan lagu itu untuk kekasihnya. Namun sesaat setelah peluncuran lagu tersebut, kekasihnya bunuh diri dan meninggalkan surat terakhir bertuliskan “Gloomy Sunday”. Sejak saat itu banyak kejadian aneh, yang paling menonjol adalah banyaknya kejadian bunuh diri setelah mendengarkan lagu tersebut.

4. Asereje

Mungkin Anda pernah mendengar lagu ini, karena sempat tenar di awal tahun 2000-an, karena kemunculan lagu ini di barengi oleh tariannya yang unik dan terkesan centil serta lucu. Namun siapa sangka kalau lagu ini menyimpan sebuah misteri? Ternyata, lagu ini adalah suara panggilan untuk mereka sang pemuja setan. Jika diperhatikan, pada bagian reff memang sedikit aneh. Tidak ada seorang pun yang bisa menerjemahkannya. Konon, lagu ini berbahasa Spanyol, namun warga Spanyol sendiri tidak mengerti arti lagu ini. Kebanyakan lirik lagu ini tidak mengandung bahasa Spanyol. Menurut berbagai sumber, lagu “Asereje” ini menceritakan tentang seseorang bernama Diego. Dia adalah orang yang tampan dan menawan. Dari informasi mantan penganut gereja setan, Diego berarti nama kode untuk Devil (setan).

5. Reverse

Bagi Anda yang belum tahu, lagu Karl Mayer yang berjudul “Reverse” ini adalah lagu yang dianggap paling menyeramkan bagi masyarakat dunia. Banyak hal aneh dan cenderung negatif yang diakibatkan oleh lantunan lagu ini. Ada yang menyebabkan sakit telinga, hingga yang paling parah bisa menyebabkan kegilaan. (tom)