Nasi putih adalah makanan pokok orang Indonesia dan sebagian orang Asia. Banyak orang Indonesia yang berasumsi bahwa mereka akan susah kenyang jika tidak makan nasi. Selain mengetahui manfaat dari makan nasi putih, ada baiknya juga apabila Anda mengetahui manfaat kesehatan dari mengurangi makan nasi putih. Dilansir dari boldsky, Jumat (5/9/2014), ini manfaat dari mengurangi konsumsi nasi putih.

1. Menurunkan Gula Darah

Mengurangi konsumsi nasi putih dapat membantu Anda untuk menjaga gula darah agar tetap terkontrol. Sebab terlalu banyak makan nasi putih sendiri mampu menyebabkan gula darah melonjak. Hal ini disebabkan karena nasi sarat karbohidrat yang bisa meningkatkan produksi gula dalam tubuh.

2. Mencegah Sembelit

Masalah pencernaan seperti sembelit ternyata bisa Anda cegah dengan cara yang tergolong mudah, yaitu hanya dengan mengurangi makan nasi. Hal ini dikarenakan nasi putih sendiri mengandung sedikit serat. Jadi terlalu banyak makan nasi putih akan membuat Anda sembelit.

3. Mengurangi Resiko Diabetes

Kebanyakan para penderita diabetes dianjurkan untuk tidak makan nasi. Para ahli kesehatan percaya bahwa nasi putih tinggi akan pati dan karbohidrat yang dapat membahayakan kesehatan penderita diabetes. Karena itu, dengan mengurangi konsumsi nasi putih, maka bahaya dari diabetes dapat diminimalisir.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang satu ini mungkin sudah umum diketahui, karena umumnya orang yang sedang diet tidak akan memakan nasi. Fakta lainnya menyebutkan kalau nasi putih ternyata membuat Anda terasa lebih cepat lapar. Itulah sebabnya mengurangi makan nasi putih akan membuat Anda terhindar dari keinginan untuk makan secara berlebihan.

Itulah 4 manfaat dari mengurangi makan nasi putih. Walaupun baik untuk kesehatan, namun mengkonsumsi nasi putih berlebihan juga tidak baik. Lebih baik konsumsi nasi putih dalam jumlah yang berimbang, sehingga kesehatan Anda masih bisa terjaga. (tom)