Gelato adalah istilah es krim dalam kuliner Italia. Namun, kelas gelato lebih tinggi dari es krim biasa. Gelato memiliki tekstur yang lebih padat dan rasa intens saat dicicip. Umumnya, gelato ditaburi cokelat atau kacang pada bagian atasnya. Namun, apa jadinya jika gelato dipadukan dengan minuman anti masuk angin? Seperti apa cita rasa gelato itu?

Ron’s Laboratory belum lama ini menghadirkan varian gelato terbaru yakni Gelato Choco Wind Proof atau yang berarti gelato cokelat anti masuk angin.

Ron’s Laboratory membuat seluruh gelato dengan teknik gastronomi molekuler. Ronald Prasanto, selaku sang pemilik Ron’s Laboratory, bertekad menciptakan pencuci mulut yang unik dan dikemas secara menarik. Ini bertujuan agar konsumen dapat ketagihan saat menyantap minuman itu. “Food is supposed to be fun,” ujar Ronald, seperti dilansir Kompas, Jumat (5/9/2014)

Dalam teknik gastronomi molekuler, gelato dibuat dari 90% susu yang dicampur cairan nitrogen. Ini membuat proses pembekuan semakin cepat sehingga memperlambat pembentukan kristalisasi. “Jadinya, gelato terasa lebih lembut di lidah,” lanjut Ronald

Ronald menambahkan gelato terbarunya itu dibuat dari minuman penangkal masuk angin yang berbahan dasar jahe dan kayu manis. Ternyata, gelato ini juga ditemani semacam alat suntik yang kali ini berisikan saus kombinasi coklat dan minuman anti masuk angin itu.

Ronald menuturkan manfaat utama minuman anti masuk angin tidak akan hilang walau telah diolah menjadi gelato. Ide Ronald yang menggabungkan dua minuman ini didapat dari eksperimennya. “Saya suka berinovasi dan bereksperimen,” katanya.

Kedepannya, Ronald berniat menyajikan dua varian terbaru di Ron’s Laboratory setiap bulan tepatnya pada tanggal 15. Selain Gelato Choco Wind Proof, Ronald pernah menciptakan Sorbet Rujak, Gelato Red Velvet, bahkan gelaro rasa tape.

Di antara minuman yang pernah ia buat, Ronald mengklaim bahwa Gelato Choco Wind Proof adalah kreasi terbaiknya. Pasalnya, minuman tersebut mendapat respon baik dari masyarakat.

“Saya juga pernah melakukan demo pembuatannya di sejumlah negara Asia dan Eropa. Responnya sangat positif. Senang rasanya bisa memperkenalkan sesuatu yang khas Indonesia lalu direspon dengan baik,” ujarnya.

Gelato Choco Wind Proof dijual seharga Rp 60.000 untuk satu cup yang terdiri tiga sendok. (nha)