Joan Rivers

Komedian legendaris Hollywood, Joan Rivers, meninggal dunia di rumah sakit New York pada hari Kamis (4/9/2014), seminggu setelah jantungnya sempat berhenti saat menjalani prosedur medis. Kabar ini disampaikan oleh putri Joan, Melissa Rivers.

â??Dengan menyesal aku mengumumkan wafatnya ibundaku, Joan Rivers. Ibuku meninggal dunia dengan tenang pada pukul 1.17 siang dikelilingi oleh keluarga dan sahabat dekatnya,â? bunyi pernyataan tertulis Melissa seperti dilansir dari CNN, Jumat (5/9/2014).

â??Anakku dan aku sangat berterima kasih kepada para dokter, perawat, dan staf Rumah Sakit Mount Sinai atas perhatian mereka yang luar biasa untuk ibuku. Cooper dan aku sangat tersentuh oleh cinta, dukungan, dan doa yang kami terima dari seluruh dunia. Kami sangat menghargainya,â? ungkap Melissa.

Kamis lalu sebelum meninggal, Joan sempat menjalani operasi kecil di klinik Yorkville Endoscopy. Namun jantung dan pernafasan Joan tiba-tiba berhenti sehingga ia dilarikan ke Rumah Sakit Mount Sinai, Manhattan, dengan ambulan.

Kondisinya sudah kritis saat didaftarkan masuk rumah sakti ini. Ia pun terus koma dan hidupnya ditopang alat bantu sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Rencananya, jenazah Joan akan dimakamkan di Temple Emanu-El di Manhattan, Minggu (7/9/2014). Namun tidak diketahui jam pastinya dan apakah masyarakat umum bisa menghadiri pemakaman ini atau tidak.

Sementara itu, klinik tempat Joan menjalani operasi kini sedang diinvestigasi oleh Departemen Kesehatan New York. Menurut James Oâ??Hara, juru bicara Depkes, mereka tengah mencari tahu apakah ada kesalahan praktik prosedur yang dijalani Joan.

Di websitenya, klinik ini mengklaim bahwa mereka bergerak di bidang gangguan makan. Namun, Joan dikabarkan sedang menjalani operasi di pita suaranya sebelum koma.

Joan menghembuskan nafas terakhirnya di usia 81 tahun. Salah satu pelopor stand up comedy wanita ini dikenal dengan mulutnya yang tajam. Artis asal Brooklyn ini kerap dijadikan bahan olokan karena suarranya yang serak. Memulai karirnya sejak 1959, Joan pernah muncul di berbagai show seperti â??Fashion Policeâ?, â??The Joan Rivers Show Can We Shopâ? dan â??Joan & Melissa: Joan Knows Best?â?. (nrl)