Menjelajahi lambirin memang seru, karena memacu otak kita untuk bisa berpikir lebih keras. Namun Anda juga harus hati-hati agar tidak tersesat. Jika Anda pikir labirin biasa sudah membosankan, maka Anda harus coba taman labirin yang satu ini.

Taman labirin itu bernama Longleat Hedge Maze. Taman ini adalah taman labirin teka-teki paling rumit yang pernah ada di dunia. Labirin yang ada di tempat ini memegang rekor sebagai labirin paling panjang di seluruh dunia. Dengan labirin acak berliku-liku sejauh 2,72 kilometer yang menghampar di lahan seluas lebih dari 1,5 hektar, siapa saja bisa terjebak di dalam sana.

Longleat Hedge Maze
Longleat Hedge Maze

Labirin ini berada di dalam taman sebuah rumah megah di Inggris, yaitu Longleat. Dilansir dari Amusing Planet, Sabtu (6/9/2014), rumah itu letaknya berdekatan dengan desa Horningsham dan kota Warminster di Inggris. Labirin menakjubkan itu dirancang dan dibuat pada tahun 1975, dan terdiri dari 16.000 pohon yews (sejenis cemara) Inggris.

Longleat Hedge Maze
Longleat Hedge Maze

Siapa saja yang mengunjungi labirin ini pasti akan kebingungan. Ada banyak jalan buntu yang bisa menyesatkan pengunjung. Jika berjalan di dalam labirin itu, satu-satunya cara agar tidak tersesat adalah naik ke satu dari enam jembatan kayu yang tersebar di taman untuk mengamati jalur labirin dari atas. Tetapi belakangan ini banyak pengunjung yang mencurangi labirin tersebut dengan menggunakan GPS di ponsel pintar mereka.

Biasanya pengunjung butuh waktu setidaknya satu jam untuk keluar dari labirin ini. Jika sudah berhasil mengatasi jebakan-jebakan di labirin ini, pengunjung bisa bersantai di menara observasi yang sengaja dibangun sebagai pusat labirin sekaligus menikmati keindahan taman yang serupa lukisan sureal.

Tak hanya labirin saja yang ada di areal rumah megah itu. Di sana ada pula taman safari yang dengan koleksi lebih dari 500 hewan eksotis. Tetapi tentu saja, Longleat Hedge Maze yang menjadi primadona wisata di area itu. (tom)