Jepang terkenal sebagai salah satu destinasi menarik, hanya saja Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan biaya hidup yang mahal. Meski demikian, Anda tetap bisa liburan murah ke sana. Dilansir dari Detik, Senin (8/9/2014), berikut adalah tips liburan murah ke Jepang.

1. Rencanakan dari jauh-jauh hari

Merencanakan perjalanan jauh-jauh hari adalah kunci utama liburan hemat, khususnya di Jepang. Dengan merencanakan jauh-jauh hari, Anda bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk memesan tiket pesawat dan kamar hotel yang sedang promo.

2. Hindari datang ke Jepang saat sedang Peak Season

Peak Season adalah waktu ketika Jepang sedang ramai-ramainya dikunjungi wisatawan. Biasanya peak season terjadi ketika musim libur tiba. Ketika itu, harga tiket, penginapan dan segala hal yang berhubungan dengan wisata akan naik. Anda yang berniat menghemat malah justru boros.

3. Pilih hotel yang murah

Memilih akomodasi yang murah bisa memangkas banyak biaya pengeluaran Anda. Pilihlah penginapan murah yang tersebar di beberapa tempat di Jepang. Biasanya, penginapan macam ini di luar spot wisata. Anda bisa mencoba kawasan Shibuya atau Shinjuku. Beberapa hotel di sana buka harga dari 2 ribu Yen atau Rp 230 ribu per malamnya.

4. Jangan makan di restoran

Selain akomodasi, makan juga berpengaruh besar dalam pengeluaran. Turis yang ingin berhemat tak perlu menyantap makanan di restoran. Ada banyak warung jajanan di pinggir jalan yang menjual onigiri atau bento. Di sana, onigiri dijual sekitar 100 Yen atau Rp 11 ribu per buah. Sedangkan bento yang berisi salmon, acar, nasi dan salad dikenai harga mulai 300 Yen atau Rp 35 ribu per paket.

5. Gunakan bus

Menggunakan transportasi shinkansen saat di Jepang memang jadi tujuan utama turis luar Jepang yang ingin mencobanya, namun harganya cukup mahal. Untuk berhemat, pilih saja bus, seperti Willer Express. Ini adalah bus malam dengan kursi nyaman. Tarif bus ini dengan rute Tokyo-Hiroshima adalah 6 ribu Yen atau Rp 690 ribu per orang. Sedangkan Tokyo-Kyoto adalah 4.500 Yen atau Rp 517 ribu per orang.

6. Cari Welcome Cards

Begitu Anda tiba di sebuah kota, datanglah ke kantor informasi untuk wisatawan. Tanyakan tentang Welcome Cards atau kartu diskon lainnya untuk masuk ke suatu destinasi. Biasanya, beberapa museum atau tempat wisata di Jepang menyediakan diskon tiket masuk. (tom)