Siapa orang yang tak ingin memiliki wajah yang awet muda meski usianya sudah matang. Tentu saja semua orang menginginkan hal itu. Tak heran jika seseorang selalu melakukan segala cara agar memperoleh wajah yang kerap disebut Baby Face itu.

Beberapa cara mulai dari perawatan dokter hingga olahraga teratur setiap hari kerap ditempuh seseorang. Namun, tahukah Anda kini ada cara mudah untuk punya wajah awet muda. Lantas cara apakah itu?

Berdasarkan studi belum lama ini, berdiri diklaim menjadi cara ampuh untuk tetap awet muda. Pasalnya, berdiri bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan bertumpu di atas dua kaki dapat membantu melindungi DNA.

Studi ini menyatakan, apabila seseorang terlalu banyak duduk akan memendekkan telomere, yaitu pelindung yang terdapat pada ujung kromosom. Sekedar informasi, telomere yang pendek berhubungan dengan usia prematur serta penyakit dan kematian dini.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa orang yang secara rutin berdiri memiliki telomere lebih panjang dan akan menjaga kode genetik menjadi susut. Prof Mai-Lis Hellenius dari Karolinska Univeristy Hospital, Stockholm menuturkan jika di banyak negara olahraga memang rutin dijalankan, tapi di waktu bersamaan orang-orang di negara tersebut juga menghabiskan banyak waktu untuk duduk.

“Untuk itu perhatian harus dikembangkan, tidak hanya pada rendahnya aktivitas fisik, tapi juga duduk dan beberapa perilaku pada masalah kesehatan saat ini,” tutur Prof Mai-Lis, seperti dikutip Detik, Senin (8/9/2014)

Terkait kasus ini, peneliti menyatakan bahwa seseorang semakin sedikit duduk, maka semakin panjang telomere mereka. Artinya, seseorang itu semakin besar kesempatan untuk hidup lebih lama. Selain berdiri, faktor lain untuk tetap awet muda adalah selalu merasa senang dan jangan merasa stres

“Jalani saja hidup ini dengan sebaik-baiknya. Bersyukur dan bersabar adalah dua kunci kebahagiaan hidup kita dan jangan terlalu sering stres,” imbuh Kholis Abdurachim Audah, PhD. (nha)