Sebelumnya, pihak studio Marvel mengatakan akan mencari aktor baru apabila Robert Downey Jr sudah tak ingin terlibat dalam film Iron Man 4. Siapa sangka? pernyataan Marvel itu ternyata membuat sang aktor membuat keputusan yang mengejutkan banyak pihak.

Ia mengaku enggan bermain dalam film bertema superhero itu “Tidak. Aku sama sekali tak ada rencana ingin berperan di ‘Iron Man 4’, ujar Robert dalam wawancaranya pada Variety, seperti dilansir Digital Spy, Senin (8/9/2014)

Muncul dugaan bahwa ketidakmauan Robert bermain di proyek ini lantaran ia sudah enggan memakai kostum Iron Man. Saat ini, beredar isu bahwa nama Don Cheadle digadang-gadang menjadi tokoh Iron Man yang baru.

Namun, saat ditanyai apakah ia akan membiarkan orang lain berperan sebagai Iron Man Robert hanya tertawa. “Aku suka hal tersebut disampaikan padaku. Seperti aku adalah sutradara casting Marvel. Tapi aku juga tak mau menggantungkan harapan orang lain.” imbuh Robert.

Walau tak terlibat dalam film Iron Man 4, Robert baru saja menandatangani kontrak dengan Marvel dan Disney untuk proyek terbarunya. Aktor berusia 49 tahun ini bakal bermain dalam dua film sekuel “The Avengers” yang rencananya rilis 2015 dan 2018.

Lebih lanjut Robert menambahkan, saat ini dirinya sangat ingin bermain dalam franchise film baru. “Aku sangat ingin merilis franchise baru, film yang jauh berbeda dari yang sekarang. Aku ingin bisa bertahan di industri ini sebisaku, dengan tantangan-tantangan baru dan diriku sendiri,” pungkasnya.

Di sisi lain, Presiden Marvel, Kevin Feige, mengatakan ketidakhadiran Robert tak menjadi penghalang untuk membuat proyek Iron Man dalam berbagai seri.

“Aku percaya pasti akan ada ‘Iron Man’ keempat, kelima, keenam, sampai ke-10 dan ke-20. Aku tak melihat alasan kenapa ‘Iron Man’ tak bisa seperti James Bond, atau Batman, atau bahkan Spider-Man. Kurasa Iron Man tak jauh berbeda dengan karakter-karakter itu.” papar Kevin. (nha)