Berwisata jauh sudah pasti menggunakan pesawat untuk menuju tempat tujuan. Tentunya perjalanan wisata itu akan menjadi tidak menyenangkan jika Anda mengalami jet lag atau mabuk perjalanan udara saat sedang berada di dalam pesawat atau sesudah menempuh perjalanan udara dengan menggunakan pesawat. Berikut adalah tips untuk mencegah jet lag, seperti dilansir dari Yukpegi, Kamis (11/9/2014).

1. Kurangi porsi tidur

Normalnya lama ideal tidur setiap orang adalah 8 atau 9 jam setiap harinya. Namun khusus Anda yang ingin bepergian dengan menggunakan pesawat, sebaiknya kurangi porsi tidur menjadi setengah dari porsi ideal pada umumnya. Tujuannya adalah agar Anda cepat merasa lelah seusai perjalanan sehingga Anda akan lebih cepat untuk beristirahat.

2. Jangan minum kopi dan minuman beralkohol

Minuman kopi yang mengandung kafein akan membuat Anda tetap terjaga seusai meminumnya. Perlu kiranya untuk menghindari kopi atau minuman berkafein lainnya baik sebelum, sedang, maupun sesudah menempuh perjalanan udara. Hal itu juga berlaku pada minuman beralkohol. Sebaiknya Anda meminum teh daripada kopi atau minuman beralkohol. Atau minuman terbaik untuk mencegah rasa mual saat mendarat nanti adalah minuman jahe hangat.

3. Konsumsi makanan ringan

Mengunyah makanan ringan selama di dalam pesawat akan membantu mengurangi rasa mual selama di dalam pesawat. Biasanya rasa mual selama di pesawat akan berujung pada jet lag saat mendarat. Hindari juga mengkonsumsi makanan berat, karena perut yang penuh akan menimbulkan mual.

4. Sediakan obat anti mabuk

Setengah jam sebelum take off, segera minum obat anti mabuk dan mual agar sebisa mungkin tak mengalami gejala jet lag. Jika ternyata Anda tetap mengalami jet lag, Anda bisa hirup aroma terapi pappermint. Anda juga boleh oleskan minyak pappermint Anda pada bagian-bagian tubuh seperti kening, tangan, leher, dan bagian tubuh lainnya.

5. Pilih tempat duduk dekat jendela

Sebisa mungkin pilihlah posisi tempat duduk yang dekat dengan jendela karena view langit biru atau bulan dan bintang bisa meningkatkan mood baik Anda dan berdampak positif pada kondisi tubuh Anda. (tom)