Sebuah makam acapkali menyimpan misteri tersendiri yang tak diketahui oleh semua orang. Bahkan, hadir pula kejadian mistis di makam orang-orang tertentu atau orang yang dianggap pahlawan. Kali ini, JadiBerita akan membahas misteri yang terdapat di makan Tuanku Imam Bonjol.

Lokasi makam pahlawan nasional ini berada di Desa Lota Kecamatan Pineleng, Minahasa, Sulawesi Utara. Penjaga makam Tuanku Imam Bonjol bernama Fatma Popa pun berbagi peristiwa mistis yang ia alami selama menjaga tempat peristirahatan terakhir Imam Bonjol.

Fatma mengatakan bahwa setiap malam Jumat, ada saja pengunjung yang datang melakukan ritual khusus. “Memang saat malam Jumat, ada saja orang yang datang pasang-pasang dupa tapi kami enggak pernah bertanya apa yang dilakukan,” kata Fatma, seperti dilansir Merdeka, Kamis (11/9/2014)

Akan tetapi, setelah melakukan kunjungan pada malam hari, pengunjung selalu mengalami kejadian mistis saat berada di Kompleks makam. “Mereka bilang mendengar ringkikan kuda dan melihat sosok berjubah,”┬ápapar Fatma.

Tak hanya pengunjung, Fatma mengaku pernah mengalami peristiwa di area makam yang membuat bulu kuduknya merinding. “Sering saat hendak menyalakan lampu di waktu sore, sepintas saya melihat sosok tinggi besar,” ujarnya.

Meski begitu,┬áselama ini belum pernah ada pengunjung yang diganggu makhluk-makhluk gaib maupun sosok-sosok yang disebut. “Mungkin mereka juga tak pernah mengganggu atau melakukan sesuatu yang maksiat saat berkunjung,” tandas Fatma.

Di sisi lain, sang juru kunci makam Ainun Minggu menuturkan bahwa terdapat sepasang ular besar yang berlalu lalang di tempat Salat Tuanku Imam Bonjol yang terletak di sisi sungai Malalayang. “Bukan menakuti tapi di bawah ada sepasang binatang panjang (ular) yang kerap muncul,” tutur Ainun

Sebaiknya, pengunjung yang datang ke makam Tuanku Imam Bonjol diharapkan bisa menjaga perilaku dan perkataannya. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi apa-apa dengan orang tersebut. (nha)