VIDEO: Fenomena Awan Cincin Saat Gunung Slamet Meletus


Letusan Gunung Slamet yang terjadi baru-baru ini selain membuat panik warga sekitar, ternyata juga menimbulkan fenomena alam lainnya, yang cukup tidak biasa. Saat letusan terjadi, di atas Gunung Slamet terlihat fenomena awan berbentuk cincin.

Peristiwa unik itu terjadi pada hari Kamis kemarin sekitar pukul 12.45 WIB. Asap yang keluar dari kawah gunung tersebut tidak menggumpal seperti biasanya, tetapi berbentuk melingkar seperti cincin yang membuat ratusan masyarakat yang berkunjung di Pos Pengamatan Gunung Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pun mengabadikan momen tersebut dengan ponsel ataupun kamera digital yang dibawanya.

Menurut Sukedi yang merupakan anggota pengamat pada Pos Pengamatan Gunung Slamet, dia baru pertama kali melihat fenomena seperti itu. “Ini baru kali pertama terjadi,” ceritanya seperti dilansir dari Kompas, Jumat (12/9/2014). Sukedi juga mengaku tidak mengetahui secara persis penyebab fenomena alam ini.

Namun, menurut dia, yang pasti saat ini memang ada peningkatan aktivitas magma di Gunung Slamet, di antaranya terjadi letusan abu vulkanik yang diikuti suara dentuman. Bahkan suara dentuman tersebut terdengar hingga radius 17 km, yang menurut Sukedi bisa menggetarkan kaca rumah.

Sementara itu, warga lain ada yang mengait-ngaitkan fenomena awan cincin tersebut dengan mitos tentang Mbah Bebek. Dimana dalam mitos tersebut dipercaya bahwa Mbah Bebek merupakan penguasa Gunung Slamet.

â??Angel of duck, seperti malaikat bebek,â? kata Suryono, salah satu warga yang ikut menyaksikan fenomena tersebut. Pasalnya, di bawah awan bentuk cincin tersebut terdapat kepulan asap yang menurut Suryono mirip dengan bentuk bebek.

Seperti apa fenomena awan cincin yang muncul di atas Gunung Slamet itu? Anda bisa lihat langsung videonya di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak