Jika Anda senang menguji adrenalin, cobalah datang ke Sungai Bawah Tanah di Filipina. Anda akan melihat banyak pemandangan menakjubkan serta bisa sekaligus menantang adrenalin Anda.

Puerto Princesa Underground River (Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa) terletak di Puerto Princesa, Palawan, Filipina, cocok bagi Anda yang senang dengan pemandangan goa. Tepatnya sungai ini berada di sebuah kawasan bernama Sabang yang terletak sekitar 50 kilometer dari kota Puerto Princesa.

Dikutip dari liputan6.com (Sabtu, 13/9/2014), sungai bawah tanah ini sangat panjang yakni  panjangnya bisa mencapai 8 kilometer dan bermuara hingga Laut Cina Selatan.

Ketika menyusuri sungai bawah tanah ini, Anda juga akan melewati goa yang sangat gelap. Saat memasuki goa, aroma dari kotoran kelelawar begitu kentara menyengat hidung. Kelelawar memang masih subur hidup tinggal di dalam goa ini, sehingga tak heran banyak kotoran keleawar yang menempel di sekitar dinding goa.

Untuk menyusuri goa, Anda perlu menyewa perahu tradisional. Satu perahu bisa berisikan delapan orang. Biaya sewa perahu sebesar 600 peso atau sekitar Rp 180.000. Pemandu yang yang sekaligus menjadi nahkoda kapal ini akan menjelaskan tentang stalaktit-stalaktit yang ada di dalam goa. Satu orang yang duduk di paling depan akan ditugaskan memegang senter besar sebagai penerangan ketika guide menjelaskan.

Tetapi, pengunjung tidak akan dibawa sejauh 8 kilometer, perahu hanya mengajak berkeliling sejauh 1,5 kilometer saja setelah itu nahkoda pun akan memutar balik perahunya menuju ke arah pintu masuk.

Anda yang ingin menyusuri sungai bawah tanah, Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Anda bisa mendaftarkan diri di kantor perizinan di dekat bandara. Karena jika belum terdaftar, Anda tidak akan diizinkan untuk mengunjungi tempat yang menakjubkan ini. Pengunjung hanya dibatasi hingga 900 orang per hari.(dea)