Ketenaran film bollywood tak kalah dengan populernya film Hollywood. Banyak stasiun televisi swasta di Indonesia yang menayangkan film khas India tersebut. Salah satu yang populer adalah Mahabrata.

Apakah Anda senang menonton film India atau yang tengah populer seperti Mahabrata? Jika ya, pasti Anda sering melihat salah satu makanan yang sering ditampilkan dalam film-film India yang bentuknya bulat dan berwarna jingga.

Makanan tersebut adalah camilan yang bernama Laddu atau biasa juga disebut Ladoo atau Laddoo. Camilan ini tengah populer seiring terkenalnya film-film bollywood.

Dikutip dari life.viva.co.id (Sabtu, 13/9/2014), Laddu adalah kue manis berbentuk bola-bola kecil. Laddu terbuat dari tepung dan gula yang dicampu berbagai bahan seperti kacang mede, kismis, atau almond. Ada juga jenis Laddu lainnya yang terbuat dari kacang dan wijen yang dicampur dengan sirup dula agar lengket dan berbetuk bola.

Laddu terbuat dari tepung gandum kasar yang biasa dijual di Amerika. Laddu biasanya juga memakai besan (tepung kacang panjang), rava dan kelapa. Kemudian campuran tersebut dimasak dengan mentega khas India bernama Ghee dan dibentuk menjadi bola-bola kecil.

Selain dijadikan sebagai camilan oleh masyarakat India, Laddu juga biasa dihidangkan di berbagai acara seperti pesta pernikahan atau perayaan tradisional khas India.

Camilan Laddu diyakini berasal dari wilayah Mitilanchal Bihar yang ada pada masa kekuasaan Chandragupta Maurya. Kata “Laddu” pada camilan tersebut berasal dari bahasa sansekeerta yang jika diterjemahkan menjadi ladduka yang artinya bola-bola kecil. Maka dari itu camilan ini berbentuk bola-bola.

Semanjak sering disorot dalam film Mahabrata camilan ini begitu populer dan banyak dicari orang. Bahkan di situs video berbagi Youtube, banyak orang yang menyediakan cara membuat Laddu khas India. Tertarik untuk coba membuatnya?(dea)