Penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan kanker diketahui dapat menimbulkan kematian bagi sang pasien. Untuk hati, seseorang harus bisa terbebas dari penyakit-penyakit tersebut. Saat ini, ada cara lain yang diklaim bisa membebaskan Anda dari penyakit itu yakni dengan rutin berjalan kaki selama 30 menit per hari.

Terkait hal ini, Dr. James Brown dari sekolah ilmu kesehatan dan kehidupan di Universitas Aston, Inggris menjelaskan sejumlah manfaat berjalan kaki 30 menit di antaranya mencegah depresi, mengurangi kemungkinan terjadi patah tulang pada pinggul, meningkatkan mobilita, meningkatkan kemampuan berpikir, memperlambat perkembangan penyakit alzheimer, menambah energi, mengurangi kelelahan, serta mengurangi nyeri rematik.

“Anda bisa mendapatkan semua manfaat kesehatan. Anda bisa mengurangi penyakit yang berkaitan dengan penuaan, dengan hanya aktif berjalan kaki selama setengah jam sehari,” kata Brown, seperti dilansir Kompas, Sabtu (13/9/2014)

Senada dengan Brown, Dr. Benjamin Ellis, selaku peneliti arthritis atau radang sendi di Inggris mengklaim bahwa berjalan kaki 30 menit dapat menjaga persendian.

“Dokter harus meresepkan aktivitas fisik untuk mencegah dan mengobati nyeri sendi , daripada membagi-bagikan obat penghilang rasa sakit. Kita harus tahu bahwa latihan tidak buruk bagi sendi tetapi merupakan cara terbaik untuk mengurangi risiko nyeri sendi,” imbuh Ellis.

Tak hanya itu, dokter lain pun menambahkan bahwa kegiatan ini bisa mencegah para lansia mengalami kepikunan. “Keterikatan antara aktifitas fisik, intelektual dan sosial memiliki dampak yang nyata untuk mencegah atau memperlambat penurunan intelektual pada usia lanjut,” ujar Carol Holland dari Aston University.

Dalam berjalan kaki, seseorang sebaiknya memakai alas kaki yang nyaman agar tak menimbulkan luka atau cidera. Anda bisa juga memakai sepatu khusus olahraga dan jangan lupa harus mengenakan kaos kaki. (nha)