Segarnya Es Bakso Khas Pati

Tentunya sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia pada saat cuaca dingin atau hujan turun maka yang paling enak adalah menikmati semangkuk bakso panas, apalagi jika ditambah dengan sambal yang pedas. Namun tahukah Anda kalau ternyata ada bakso yang disajikan dingin? Nama makanan itu adalah es bakso.

Es bakso ini bisa Anda temui di daerah Pati, Jawa Tengah. Pati adalah sebuah kota kabupaten kecil di utara pulau Jawa. Namun jangan salah kaprah dulu. Hidangan ini bukan semangkuk kuah kaldu dengan bakso dan campuran bihun yang diberi es batu. Dilansir dari Sayangi, Minggu (14/9/2014), hidangan es bakso adalah hidangan minuman segar yang disajikan dengan es, dimana bahan sajiannya dibuat mirip seperti sajian dalam hidangan bakso pada umumnya.

Di dalam es bakso ini, Anda akan menemukan rumput laut kenyal yang dibuat seperti bihun dan mie. Agar-agar pun dibuat sedemikian rupa hingga berbentuk seperti bakso. Selain itu juga ada cao yang terbuat dari tumbuhan, sirup merah yang menggoda dan ditambah serutan es yang segar. Jika dilihat sepintas maka minuman ini sangat mirip sekali dengan bakso pada umumnya.

Soal rasa, es dengan perpaduan buah dan rumput laut ini sangat digemari warga Pati. Wisatawan yang datang ke Pati pun biasanya sangat penasaran untuk mencoba si pelepas dahaga dari Pati ini. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, untuk menikmati es bakso ini Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 8 ribu untuk satu porsinya.

Berkat kesegaran yang ditawarkan oleh minuman unik ini, maka minuman ini juga cocok sebagai hidangan buka puasa. Penjual es bakso ini juga tak sulit dicari. Anda akan banyak menemukannya disepanjang jalan utama Kota Pati yang juga menjual kuliner khas lainnya seperti Nasi Gandul atau Soto Kemiri. (tom)

 

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...