Saat cuaca panas, memang cocok untuk berendam di pemandian yang airnya segar. Di Indonesia banyak tersedia pemandian yang bisa dikunjungi, namun ada satu pemandian yang airnya memiliki khasiat, yaitu Pemandian Patemon.

Pemandian Patemon terletak di Jember, Jawa Timur. Pemandian Patemon sendiri sudah sangat populer sebagai tempat wisata bagi masyarakat Jember dan Jawa Timur. Masyarakat seringkali datang untuk menyegarkan diri dengan mandi dan bermain di kolam renang yang ada di Pemandian Patemon.

Pemandian Patemon menawarkan banyak pesona bagi wisatawan. Pemandian ini memiliki wahana serta cerita sejarah yang sangat menarik untuk digali. Namun selain kedua hal tersebut, Pemandian Patemon juga menawarkan daya tarik lainnya, yaitu sumber airnya. Pemandian Patemon berasal dari sebuah mata air alami yang konon berasal dari tembusan mata air pegunungan Argopuro.

Mata air di Pemandian Patemon tak hanya terkenal jernih, melainkan juga diklaim bisa menyehatkan tubuh. “Air di Patemon seringkali dicari untuk pengobatan alternatif,” ungkap Dedi WInarno, kepala UPTD WIsata Patemom, seperti dilansir dari Merdeka, Minggu (14/9/2014).

Berdasarkan keterangan Dedi, air di Patemon memiliki banyak khasiat antara lain menggelontor kolesterol dalam tubuh, membersihkan ginjal, dan paru-paru. Banyak orang yang datang ke Patemon untuk menyembuhkan penyakit mereka dengan meminum airnya. Mandi di Pemandian Patemon juga diklaim bisa membuat tubuh lebih bugar.

Khasiat dari air yang berada di Pemandian Patemon itu berasal dari kadar TDS air Patemon yang rendah. TDS adalah singkatan dari Total Dissolved Solids, yaitu jumlah kandungan unsur padat atau mineral yang terlarut dalam air. Sumber mata air di Patemon diklaim memiliki tingkat TDS sekitar 24 sampai 28 ppm. Dengan kadar tersebut, kualitas air Patemon diketahui sangat baik untuk dikonsumsi, bahkan lebih baik dari kualitas air mineral kemasan yang memiliki tingkat TDS rata-rata 125 ppm.

Ingin sehat sekaligus menyegarkan? Maka Anda bisa mengunjungi pemandian ini. (tom)