Jika sedang berkunjung ke Bantul, Yogyakarta, sempatkanlah mampir ke salah satu restoran yang bernama Bantul Ayam Resto yang terletak di Jalan Parangtritis KM 6, Sewon. Anda akan menemukan salah satu minuman unik yang jarang dijumpai di tempat lain yakni Bir Jawa.

Dikutip dari liputan6.com (Selasa, 16/9/2014), Bir Jawa yang ada di restoran ini merupakan minuman tradisional yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang berasal dari Jepang dan jenis tumbuhan tertentu.

Bir yang memiliki khasiat menjaga stamina tubuh ini adalah menu yang paling dicari di Bantul Ayam resto, karena rasanya yang cocok untuk melepas dahaga sekaligus menyehatkan.

“Bir Jawa ini sejak 2009. Ini dari tumbuhan dari jepang kita ramu untuk kesehatan. Tumbuhan alami ya dari tumbuhan alami tumbuhan itu dari Jepang. Awalnya ada saudara disana. Lalu kita kembangkan disini untuk resto aja,” ujar Krisna Jati Nugraha sang pemilik resto.

Tampilan Bir Jawa ini memang terlihat seperti bir pada umumnya yang memiliki buih di atasnya. Buih yang ada di atas minuman tersebut berasal dari tumbuhan yang dicampur. Tak seperti bir kebanyakan, bir jawa ini non alkohol sehingga halal dikonsumsi oleh siapapun.

“Tampilan warnanya coklat kaya bir tapi bukan bir beralkohol jadi ga ada alkohol. banyak yangnyari. Jadi bule malah minta bir jawa,” jelas Kris panggilan akrab Krisna.

Segelas besar bir jawa ini dibanderol dengan harga Rp 7.500. Dengan harga yang murah, ANda sudah bisa mencicipi minuman segar ini.

Banyak pengunjung yang setelah datang dan meminum bir jawa khas resto Bantul Ayam badannya jadi lebih enteng dan bertenaga. Kris bahkan menjamin hal tersebut. Kris pun menambhkan, meminum bir jawa ini lebih nikmat dan terasa kesegarannya jika minum di restonya langsung.(dea)