Atiqah Hasiholan berpose sebelum peluncuran OST, poster, dan trailer '3 Nafas Likas'

Atiqah Hasiholan akan memainkan peran sebagai Likas di film terbarunya berjudul â??3 Nafas Likasâ?. Likas adalah seorang wanita asal Karo, Sumatera Utara, yang hidup di tahun 1930-an pada jaman penjajahan Belanda.

Mengambil setting jaman dulu, Atiqah pun dituntut untuk sering memakai kebaya dan didandani dengan make up tebal demi menyesuaikan perannya. Istri Rio Dewanto ini juga harus berjalan kaki melewati medan berbukit yang naik turun dan menyebrangi sungai dengan arus yang cukup deras.

â??Harus nyemplung ke sungai. Enggak masalah karena memang harus, biar segala macamnya terlihat nyata. Make up-nya juga harus tua. Lumayan berat juga sih,â? ungkap Atiqah seperti dikutip dari Tabloid Bintang, Rabu (17/9/2014).

Atiqah juga merasakan beban cukup berat karena film ini diambil dari kisah nyata. Terlebih, sosok Likas masih hidup hingga kini dan telah berusia 90 tahun. â??Ini pengalaman pertama aku memerankan karakter yang nyata. Ada beban karena takut tidak sesuai dengan aslinya,â? ujarnya.

Kendala bahasa juga dialami oleh putri seniman Ratna Sarumpaet ini. Meski banyak anggota keluarganya yang berasal dari Sumatera Utara, ternyata dialeg orang Karo dan Batak sangat berbeda. Ia pun harus belajar dari nol agar tidak salah berbicara.

â??Awalnya saya underestimate, tapi ternyata di luar dugaan saya. Orang Karo tidak akan berbicara seperti orang Batak, itu salah besar. Saya harus banyak belajar supaya tidak salah,â? terangnya.

Meski memiliki banyak tantangan, Atiqah mengaku senang bisa terlibat dalam film garapan Rako Prijanto ini. Pasalnya, ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari â??3 Nafas Likasâ?.

â??Ceritanya sangat menginspirasi. Sosok Likas merupakan pahlawan yang ada dimana saja. Aku suka cerita yang menginsiprasi. Banyak poin menarik yang bisa dibagi untuk penonton,â? pungkasnya.

â??3 Nafas Likasâ? bercerita tentang kisah Likas yang berjuang memenuhi janji kepada tiga orang terpenting dalam hidupnya. Lewat 3 janji itu, akan diungkap pengalaman Likas menjadi perempuan yang memperjuangkan pendidikan dan melecut motivasinya untuk meraih kesuksesan. Film yang juga dibintangi Vino G. Bastian ini akan dirilis pada 16 Oktober mendatang. (nrl)