Makanan berbentuk bulat dengan bolongan kecil di tengahnya ini dijadikan camilan favorit bagi semua orang di seluruh dunia. Ya, makanan ini bernama donat. Saat ini, donat dikreasikan dengan beragam komposisi. Di mancanegara, camilan ini di variasikan dengan bahan-bahan lain misalnya daging ayam.

Salah satu negara yang mengkreasikan donat adalah Jepang. Sebagaimana diketahui, Jepang adalah negara yang selalu menghadirkan inovasi baru di segala bidang, terlebih dunia kuliner. Kali ini, Jepang sukses menciptakan donat versi baru yang diberi nama Donat Ramen.

Seperti dilansir dari laman Technabob, Rabu (17/9/2014), makanan ini dibuat dari adonan donat biasa. Bentuknya pun sama dengan donat pada umumnya yakni bulat. Namun, donat ini memiliki isian di dalamnya yakni ramen yang dicampur daging, bumbu serta saus racikan khusus.

Saat semua bahan telah dicampur, adonan pun langsung dicelupkan ke dalam telur yang telah dikocok kemudian dibaluri dengan tepung roti. Lalu, donat siap digoreng dengan minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan.

Donat ramen bercita rasa pedas dan gurih. Donat ini bisa langsung dimakan dalam sekali lahap. Donat ramen yang memiliki tekstur renyah di bagian luar dan empuk di bagian dalam pun langsung menjadi santapan yang begitu digemari oleh penduduk Jepang.

Ada dua sebutan untuk inovasi makanan baru ini, yakni ramnut serta domen, yang merupakan gabungan dari donat dan ramen. Kini, donat ramen dapat dengan mudah ditemui pada sebuah restoran cepat saji yang populer di Jepang bernama Osaka Ohsho.

Restoran ini menjual donat ramen seharga US$2 atau Rp23 ribu per buah. Sayangnya donat ramen hanya tersedia hingga tanggal 30 September 2014 mendatang. Jika Anda ingin mencoba donat ramen ini, pastikan jangan sampai lewat dari periode yang tertera ya. Selamat mencoba. (nha)