Mistis memang menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia yang hingga kini masih bertahan. Cerita soal hantu atau tempat berhantu masih mampu menarik perhatian banyak orang sehingga tidak heran jika ketika bepergian ke luar negeri pun banyak orang Indonesia yang mencari tujuan wisata yang berbau misteri.

Jika Anda memang termasuk orang yang mempunyai minat khusus terhadap cerita yang berbabu horor atau mistis dan kebetulan berkunjung ke Australia, tidak ada salahnya Anda meluapkan rasa penasaran Anda terhadap cerita mistis yang ada di negeri Kanguru ini salah satunya dengan mengunjungi Monte Cristo Homestead.

Dilansir dari Yukpegi, Kamis (18/9/2014), bangunan yang terletak di kota Junee, New South Wales ini sendiri merupakan bangunan yang cukup bersejarah di Australia dan dibangun oleh Christopher William Crawley pada tahun 1885. Lokasi bangunan ini sebenarnya cukup strategis.

Bangunan ini sempat tidak berpenghuni sejak ditinggalkan oleh keluarga Crawley. Baru kemudian bangunan ini diambil alih oleh Reg dan Olive Ryan yang juga melakukan renovasi rumah hingga terlihat seperti saat ini.

Setelah direnovasi, bangunan Monte Cristo kemudian digunakan sebagai museum, atraksi wisata, dan sekaligus toko barang antik. Banyak orang yang tertarik mengunjungi tempat ini tidak hanya karena fungsinya sebagai museum, toko barang antik, maupun atraksi wisata karena bangunan ini juga dikenal sebagai rumah yang paling berhantu di Australia.

Banyak orang yang mengunjungi bangunan ini karena penasaran terhadap segala kegiatan supranatural yang terjadi di beberapa ruangan di dalam bangunan ini. Aktivitas supranatural yang kerap terjadi di dalam bangunan ini meliputi penampakan sosok gaib, kemunculan suara aneh, dan cahaya yang tidak biasa.

Segala peristiwa mistis tersebut acapkali disangkutpautkan dengan peristiwa tragis yang sempat terjadi di masa lampau seperti peristiwa pembunuhan pengurus rumah yang terjadi tahun 1961. Selain itu, ada seorang pria yang mengalami cacat mental yang dipasung dan disembunyikan di dalam lumbung bangunan ini.

Selain itu, Monte Cristo juga merekam beberapa peristiwa tragis lain termasuk kasus jatuhnya seorang remaja dari tangga yang mengakibatkan cedera fatal. Ada pula pembantu yang jatuh dari ketinggian balkon dan anak yang dipanggang hidup-hidup hingga meninggal. Popularitas bangunan horor ini menanjak setelah sejumlah program televisi Australia menayangkan liputan mengenai bangunan ini.

Berani uji nyali di tempat ini? (tom)