Cirebon selain menjadi kota wisata dengan berbagai objek wisata andalannya ternyata juga menjadi tempat menarik untuk berwisata kuliner. Jika Anda mengunjungi Cirebon, maka Anda harus coba kuliner khas Cirebon, yaitu Empal Gentong.

Dilansir dari Yukpegi, Kamis (18/9/2014), Empal Gentong Cirebon adalah daging empal yang disajikan dengan kuah, bukan makanan berupa empal kering yang biasa kita jumpai. Makanan ini dimasak menggunakan gentong tradisional dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar. Untuk pilihan menunya, Anda dapat memilih daging saja atau daging campur yakni daging yang dicampur dengan jeroan. Menu berkuah yang lezat ini dapat dinikmati dengan lontong atau nasi, sesuai dengan selera.

Rumah makan yang menyediakan Empal Gentong ini salah satunya adalah Empal Gentong Mang Darma. Bumbu Empal Gentong Mang Darma ini memang telah menjadi resep rahasia keluarga Mang Darma. Sampai saat ini racikan bumbunya juga masih dibuat sendiri oleh istri mang Darma yang telah berusia kurang lebih 80 tahun. Ciri khas utama dari masakan empal gentong Mang Darma adalah teknik memasaknya yang masih menggunakan kayu bakar. Menariknya kayu bakarnya adalah dari pohon asem yang diyakini mampu memberikan citarasa khusus pada kuahnya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Empal Gentong buatan Mang Darma, Anda bisa mengunjungi kawasan Krucuk, tepatnya di Jl. Slamet Riyadi tepat berada di sebelah Bank BTN. Dijamin Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya, pasalnya hanya ada 1 bank BTN di kota Cirebon ini.

Selain Empal Gentong Mang Darma, ada lagi dua rumah makan yang menyediakan Empal Gentong, yaitu Empal Gentong Apud dan Empal Gentong Amarta. Kedua restoran empal gentong ini bersaing ketat untuk memanjakan lidah dan memenuhi selera para wisatawan. (tom)