Meskipun banyak wanita yang memilih untuk menunda pernikahannya hingga dia betul-betul siap, namun banyak juga wanita yang memilih untuk menikah usia dini. Selain alasan untuk hidup bersama atau berhubungan intim, Anda juga harus mempersiapkan diri dalam mendidik dan mengasuh anak agar masa depannya bisa lebih baik. Dilansir dari Segi Empat, Kamis (18/9/2014), berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin menikah di usia dini.

1. Ketidakstabilan Emosi

Jika usia Anda masih belia, biasanya emosi Anda masih labil dan meledak-ledak. Ingatlah bahwa masalah yang terjadi setelah menikah biasanya jauh lebih sulit dan lebih rumit daripada masalah yang terjadi saat pacaran. Hal lain yang perlu Anda perhatikan bahwa Anda tidak bisa lagi putus nyambung seenaknya setelah menikah. Oleh karena itu, jika Anda masih belum cukup dewasa untuk menghadapi masalah yang akan muncul setelah menikah, sebaiknya Anda mempertimbangkannya kembali.

2. Kebiasaan yang Berubah

Ingatlah bahwa pernikahan tidak hanya menyatukan dua orang yang saling mencintai tapi juga dua keluarga besar. Banyak wanita yang belum memiliki kesiapan mental merasa kaget dan terkadang tidak siap menerima perubahan yang terjadi dalam kehidupannya. Masalah ini akan biasanya terjadi jika wanita tersebut belum terlalu mengenal keluarga pria.

3. Masalah Setelah Memiliki Anak

Masalah besar lainnya adalah ketika Anda berdua telah memiliki anak. Bagi pasangan yang belum siap memiliki anak, hal ini pasti akan membuatnya stres. Pengasuhan anak ditambah dengan biaya yang dibutuhkan untuk merawat anak pasti akan membuat Anda stres dan bingung.

4. Menghadapi Anak yang Melawan

Sebagian orang yang usianya tidak terpaut terlalu jauh dengan anaknya mungkin bisa menjadi orangtua sekaligus teman bagi anaknya. Namun tidak jarang juga orangtua yang memiliki emosi yang tidak stabil justru akan lebih sering bertengkar dengan anaknya. Emosi anak yang masih labil dan orangtua yang juga masih meledak-ledak bisa menimbulkan pertengkaran setiap hari sehingga membuat Anda tidak mendapatkan pendidikan yang baik.

Jadi, apakah Anda sudah benar-benar siap nikah? (tom)