Terkadang ada tempat wisata yang jika dilihat sekilas merupakan tempat wisata yang indah. Namun dengan begitu banyaknya wisatawan yang berkunjung, objek-objek wisata terkenal tersebut juga menjadi salah satu tempat paling kotor di dunia. Dilansir dari Hassle.com, Sabtu (20/9/2014), berikut adalah 6 tempat wisata paling jorok di dunia.

1. Blarney Stone, Irlandia

Blarney Stone
Blarney Stone

Blarney Stone adalah sekeping batu yang dipercaya bertuah, mampu memberikan berkat tertentu bagi siapapun yang menciumnya. Batu ini terletak di Kastil Blarney, sebuah kastil benteng dari abad pertengahan yang berada di Blarney, dekat daerah Cork, Irlandia. Mencium batu itu bukan perkara mudah. Anda harus berbaring dengan kepala mendongak terlebih dahulu agar bisa menyentuh batu Blarney dengan bibir. Bayangkan saja berapa juta bakteri yang ditransfer dari mulut setiap wisatawan menempel di sana.

2. Museum Louvre, Perancis

Museum Louvre, Perancis
Museum Louvre

Louvre, museum yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia ini merupakan salah satu atraksi wisata paling populer di kota Paris, Perancis. Namun sampah yang ditinggalkan oleh para pengunjung di Tuileries Gardens di Museum Louvre cukup banyak hingga mengundang tikus-tikus, dan membuatnya menjadi salah satu tempat wisata paling jorok di dunia.

3. The Market Theater Gum Wall, Amerika Serikat

The Market Theater Gum Wall
The Market Theater Gum Wall

The Market Theater Gum Wall di Seattle adalah karya public art yang tersusun dari ribuan permen karet yang sudah dikunyah. Saking banyaknya permen karet yang ditempelkan, sampai-sampai permukaan dinding jadi sangat tebal dan dasarnya tak tampak lagi. Pada tahun 2009, The Market Theater Gum Wall sempat diberi gelar atraksi wisata paling jorok kedua di dunia.

4. Yunessun Spa Resort, Jepang

Yunessun Spa Resort
Yunessun Spa Resort

Yunessun Spa Resort adalah sebuah resor onsen atau pemandian air panas di Hakone, Jepang. Pelanggan di resor ini bebas memilih berendam di kolam berisi macam-macam air. Mulai dari kopi, teh hijau, anggur, sake, hingga kuah ramen. Sebenarnya ini termasuk ide yang kreatif. Hanya saja, pelanggan kemudian diberikan gelas yang memungkinkan pengunjung untuk minum anggur, kopi, kaldu ramen, atau teh hijau yang dipakai untuk berendam tadi. Jelas saja rasa minumannya sudah bercampur dengan keringat orang yang berendam.

5. Kuil Karni Mata, India

Kuil Karni Mata
Kuil Karni Mata

Kuil Karni Mata yang terletak di gurun Thar, tepatnya di daerah Bikaner adalah salah satu kuil di India yang memuja hewan, lebih tepatnya tikus. Setiap hari ada pekerja sukarela yang bertugas membersihkan remah-remah bekas makanan tikus yang berceceran di lantai kuil. Para pengunjung kuil tak jarang membawa pulang sisa susu dan makanan para tikus yang tercecer tadi.

6. Sedlec Ossuary, Ceko

Sedlec Ossuary
Sedlec Ossuary

Sedlec Ossuary, sebuah gereja Katolik Roma di Sedlec, Republik Ceko dikenal karena arsitektur tak biasanya yang menghadirkan nuansa seram. Terang saja, karena bangunan ini terbuat dari kurang lebih empat puluh ribu tulang belulang manusia tewas karena wabah Black Death. Dari situ Anda bisa menyimpulkan sendiri tingkat higienitas di dalam bangunan gereja tersebut. (tom)