Bicara masakan Padang, yang pertama kali muncul di otak pastinya rendang. Padahal, kalau Anda berwisata ke Padang, masih banyak lagi kuliner khas Padang lainnya yang rasanya tak kalah nikmat. Dilansir dari Klikhotel, Sabtu (20/9/2014), berikut adalah kuliner khas Padang selain rendang yang wajib Anda cicipi.

1. Asam padeh

Asam padeh
Asam padeh

Asam padeh (padeh = pedas) adalah salah satu makanan khas Minangkabau. Biasanya menggunakan berbagai jenis ikan seperti ikan tongkol, kakap, tuna, gurame, bahkan cumi-cumi. Daging ikan tersebut lalu dibumbui dengan asam jawa, cabe, dan berbagai rempah lain. Rasa masakan asam padeh ini tentunya memiliki rasa asam dan pedas.

2. Dendeng

Dendeng balado
Dendeng balado

Dendeng adalah daging yang dipotong tipis-tipis, dibuang lemaknya, dibumbui dengan saum asam, manis, atau asin lalu dikeringkan dengan api kecil lalu dijemur. Untuk gambar di atas adalah dendeng balado. Dendeng balado merupakan dendeng kering yang diolah lagi dengan cabe merah.

3. Pangek cubadak

Pangek cubadak
Pangek cubadak

Pangek artinya gulai yang dimasak kering, sedangkan cubadak adalah nangka muda. Proses memasaknya membutuhkan waktu yang cukup lama karena dimasak sampai kering. Rasanya sangat nikmat karena bumbunya meresap hingga ke nangkanya.

4. Rendang daun kayu

Rendang daun kayu
Rendang daun kayu

Bukan hanya daging sapi yang bisa dimasak jadi rendang, daun pun bisa. Salah satu jenis daun yang biasanya dipakai adalah daun surian. Biasanya olahan ini dikenal dengan nama rendang daun kayu. Daun pohon surian dicampur daun lain seperti daun jirak, mali-mali, rambai, dan daun arbai, lalu ditambahkan dengan ikan haruan atau ikan gabus. Olahan ini lalu dicampur dengan kelapa parut lalu digoreng kering.

5. Itiak lado mudo

Itiak lado mudo
Itiak lado mudo

Itiak lado mudo adalah gulai bebek muda yang direndam dengan cabe hijau khas Bukittinggi. Daging bebek muda yang empuk digodok dengan bumbu-bumbu dan juga cabai hijau selama semalaman. Waktu menggodok yang panjang membuat bumbu meresap hingga ke serat daging, menghilangkan rasa amis dan membuat daging bebek terasa lebih empuk. Saking banyaknya cabe hijau yang digunakan, bebek seolah terbenam dalam cabe hijau. Bisa dibayangkan betapa pedasnya makanan ini. (tom)