Pernahkah Anda mendengar nama Kampung Setan? Ini adalah kampung yang terletak di Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Entah siapa yang memberi nama Kampung Setan. Namun, menurut informasi dari penduduk setempat, terdapat kejadian mistis di tempat terseut.

Sekitar 35 tahun yang lalu, salah satu warga bernama Asbar pernah tinggal bersama neneknya di kampung itu. Saat tinggal di sana, Asbar mengaku dirinya kerap mengalami peristiwa misteri yang tak pernah ia duga sebelumnya.

â??Saya masih ingat ketika itu karena malam semakin larut,teman-teman pada tidur semua di bawa pohon mangga,tinggallah saya seorang yang tidak bisa memejamkan mata ,entah apa sebabnya.Tiba-tiba terdengar suara mangga yang jatuh di tengah semak belukar,saya pun berlari menuju tempat jatuhnya mangga tersebut dengan membawa obor yang terbuat dari daun kelapa yang telah di anyam. Setelah merasa yakin dengan apa yang saya lihat, mangga itu lalu saya raihâ? kata Asbar, seperti dilansir Mitos, Kamis (18/9/2014)

â??Setelah meraih mangga yang ada dihadapan saya, ternyata bukan mangga melainkan kepala manusia kerdil yang tidak memiliki jasad, kepala itu saya pandangi, seketika dia tersenyum pandangannya tajam memancarkan aura merah, saya terdiam seribu bahasa bagaikan terhipnotis seluruh persendianku kaku di buatnyaâ? lanjutnya.

Ia pun mulai yakni bahwa yang dilihatnya adalah sesosok mahkluk gaib. Kini, ia pun percaya bahwa Kampung Setan benar-benar angker.

â??Sayapun meletakkan kepala itu ke tanah dan tiba-tiba berguling lalu lenyap di tengah kegelapan malam. Pengalaman ini tidak pernah menjadi sebuah perenungan buat saya, sebab mungkin ketika itu masih kanak-kanak.Setelah sedikit mempelajari ilmu keghaiban saat dewasa,barulah saya mengerti bahwa ketika itu yang saya temui adalah mahluk ghaib yang mendiami kampung setan,” papar Asbar

Menurut salah satu warga lain yakni Puang Katang, tempat ini dinamai Kampung Setan lantaran memiliki cerita di masa lalu. Puang mengatakan dulu ada warga yang melihat rombongan wanita cantik berpakaian serba kuning menuruni bukit menuju sebuah sumur tua yang adanya di tepi hutan kampung. Setelah tiba di sumur, mereka pun lenyap entah kemana.

Pada saat itulah masyarakat menamainya sebagai sumur setan yang berlokasi di Kampung Setan. â??Bahwa ada salah seorang warga yang sakrat di akibatkan oleh ulah jin yang mendiami kampung itu,hanya disebabkan orang tuanya pernah menebang pohon besar yang merupakan tempat tinggal jin di sekitar halaman rumahnya.beruntung berkat pertolongan Allah akhirnya orang itu dapat di sembuhkanâ? kata Puang. (nha)