Menyaksikan koleksi bangkai kupu-kupu yang sudah diawetkan di museum? Itu sudah biasa. Begitu juga mengamati fosil kerangka hewan purba museum purbakala. Tetapi bagaimana kalau menyaksikan koleksi kecoak? Bisa jadi Anda belum pernah mencobanya.

Kini Anda bisa mencobanya dengan mendatangi The Cockroach Hall of Fame. Dilansir dari Legends of America, Jumat (19/9/2014), The Cockroach Hall of Fame adalah sebuah museum mini dengan konsep tak biasa yang didirikan oleh Michael Bohdan, seorang spesialis pembasmi serangga. Michael mendirikan museum tersebut di dalam bangunan tokonya yang berlokasi di Plano, Texas, Amerika Serikat. Museum ini menampilkan koleksi binatang dalam bentuk yang unik.

Sesuai namanya, yang dipajang museum ini adalah bangkai-bangkai kecoa yang sudah diawetkan dan didandani layaknya tokoh-tokoh terkenal. Ada yang didandani seperti pembawa acara talkshow terkenal David Letterman dan diberi judul plesetan David Letteroach, kecoa dengan dandanan ala patung Liberty di New York yang diberi nama Liberoachi, atau kecoa-kecoa yang diatur sedemikian rupa dalam diorama mini sehingga tampak seperti sedang bersantai di tepi pantai. Salah satu koleksi yang cukup mencengangkan adalah adanya kecoa Madagaskar, yang merupakan kecoa terbesar asal Afrika. Ketika Anda memegang kecoa itu, maka kecoanya akan mendesis.

Michael Bohdan sebagai pemilik sekaligus kurator terkenal sebagai sosok yang ramah, karena tidak segan-segan memberikan banyak penjelasan kepada pengunjung museum kecilnya. Ia bahkan mengizinkan pengunjung untuk memegang koleksi kecoak hidup langka yang dimilikinya.

Akan tetapi, meskipun museum ini cukup terkenal di Amerika Serikat, bahkan sampai dimuat media beberapa kali, ternyata warga sekitar Plano sendiri tak banyak yang mengetahui keberadaan dari museum unik ini. Pasalnya letak museum ini yang tersembunyi di dalam toko Michael Bohdan memang membuat museum ini jadi kurang terekspos. (tom)