Sekelompok ilmuwan China yang dipimpin oleh Wei Xian Jiang dan Tie Jun Cui dari Southeast University, Nanjing, baru-baru ini menemukan alat ilusi optik yang dapat membuat sebuah benda tampak lebih kecil dari sesungguhnya.

Para ilmuwan tersebut menyebut temuan mereka dengan “shrinking device” (alat pengecil). “The shrinking device can shrink the size of an object virtually, so we named it a â??shrinking deviceâ??”, demikian kata Tie Jun Cui seperti dikutip dari physorg.com

Namun sebenarnya, alat itu tidak mengecilkan benda secara nyata, namun hanya virtualisasi saja. Artinya, saat alat tersebut diaktifkan, maka objek yang terdapat di dalamnya akan terlihat kecil namun bendanya sendiri berukuran tetap, tidak mengecil sama sekali. Alat tersebut bekerja pada frekuensi gelombang mikro dengan menggunakan metamaterial yang sama dengan yang digunakan pada pembuatan jubah tembus pandang.

Teknis kerjanya adalah sebagai berikut, metamaterial tersebut digunakan untuk membuat delapan cincin konsentris setinggi 12 mm. Benda yang akan dibuat tampak kecil, diletakkan di tengah-tengah cincin tersebut. Dalam contoh pengujian, diletakkan sebuah sendok. Saat gelombang cahaya menyebar melalui alat penyusut, terjadi pelengkungan pada gelombang depan dan panjang gelombangnya akan mengalami dekompresi. Ketika cahaya mencapai bagian tengah lingkaran (dimana obyek nyata berada), panjang gelombang telah terdekompresi dan membentuk sebuah bayangan benda yang sama dengan obyek aslinya namun lebih kecil.

Jika kita kembali pada teori tentang mata, dapat dijabarkan secara singkat bahwa syarat sebuah benda dapat terlihat oleh mata jika benda tersebut memantulkan cahaya. Cahaya tersebut kemudian membentuk bayang-bayang di bagian yang disebut ‘bintik kuning’. Bayang-bayang itulah yang kita deskripsikan sebagai sebuah obyek. Nah, kembali pada penemuan diatas, berhubung cahaya yang tiba pada obyek telah mengalami dekompresi, maka cahaya yang terpotong itulah yang memantul ke mata pengamat, akibatnya benda jadi terlihat lebih kecil.

Lebih lanjut Tie Jun Cui menambahkan, “Alat ini dirancang menggunakan transformasi optik yang membuat benda di ruang nyata dan ruang maya tampak sama”.

Lalu implementasi alat itu untuk apa? ,Wei Xian Jiang sendiri bersama timnya masih belum bisa memberikan contoh nyata dari penggunaan alat tersebut. Namun mereka mengatakan bahwa alat ilusi optik mereka tersebut mempunyai prospek dalam dunia militer. Mereka mengatakan, dengan pengembangan lebih lanjut, bisa dibuat alat-alat militer yang mampu mengelabui radar musuh, mengecoh alat pendeteksi elektromagnetik ataupun alat pendeteksi lainnya.

Penemuan itu sendiri telah mereka publikasikan di jurnal ilmiah, Applied Physics Letters.