Apakah Anda penikmat kuliner bakso? Bakso yang umumnya dijual di Indonesia adalah bakso sapi dan bakso ikan. Ngomong-ngomong tentang bakso ikan, ada satu kuliner menarik yang terbuat dari bakso ikan yang berbahan dasar ikan nila. Bukan saja rasanya yang lezat tetapi warnanya yang unik. Warna bakso ini berbeda dari yang lain karena memiliki warna pelangi.

Seperti yang dikutip dari solopos.com (Sabtu, 20/9/2014), di tangan Purwanti seorang warga asal Sleman, Yogyakarta, bakso ikan nila berubah menjadi bakso yang memiliki empat warna.

Bakso nila pelangi merupakan hasil inovasi olahan ikan terbaru dari Purwanti. Hasil inovasinya tersebut Ia perlihatkan pada booth yang didirikannya pada festival makan yang diselenggarakan di daerah Sleman.

Bersama suaminya Heru, Purwanti membuat bakso ikan nila berwarna putih, merah, kuning, dan hijau. Purwanti sang pembuta bakso membuat warna bakso menggunakan campuran bahan alami. Warna merah dihasilkan dari buah bit, warna kunging berasal dari wortel, warna hijau berasal dari bayam.

Semangkuk bakso nila pelangi disajikan bersama mi yang tak kalah meriah warnanya. Mi yang ada di bakso nila ini pun dibuat khusus dan tidak ada di pasaran. Mi-nya terbuat dari tepung mocaf sehingga rasa yang dihasilkan pun berbeda. Ada dua warna mi yang ditawarkan Purwanti di booth-nya. Warna kuning terbuat dari sari tomat dan warna ungu berasal dari ubi ungu.

Purwanti menjamin bakso dan mi buatannya tidak menggunakan bahan pengawet dan pengenyal. â??Selama penyimpanan ikannya baik, gelatin alaminya tidak akan hilang. Itu yang bisa membuat bakso jadi kenyal,â? jelas Heri sang suami yang membantu Purwanti berjualan.

Satu mangkuk bakso nila pelangi dijual dengan harga Rp 8.000 sudah lengkap dengan mi yang berwarna.(dea)