Hobi traveling tapi belum pernah jalan-jalan ke luar negeri? Mungkin Anda masih mempertimbangkan tingkat keamanan di negara lain yang belum tentu sama di negara sendiri. Dilansir dari Pegipegi, Senin (22/9/2014), ada beberapa negara yang lebih aman dibandingkan negara lainnya, sehingga kalian bisa melancong ke sana tanpa rasa waswas akan jadi korban kejahatan. Berikut keempat negaranya.

1. Finlandia

Panorama menakjubkan dan suhu udara yang sejuk rupanya mempengaruhi karakter warga Finlandia. Mereka dikenal ramah terhadap turis dan kasus kejahatan jarang sekali terjadi, apalagi yang melibatkan warga atau turis asing. Meski biaya hidup sangat tinggi, namun pemerintah Finlandia menjamin kesejahteraan warga dengan menyediakan layanan kesehatan, tranportasi, pendidikan yang terjangkau, bahkan ada juga yang gratis.

2. Austria

Masyarakat Austria berpandangan sekuler dan umumnya bisa menerima kehadiran warga asing dengan tangan terbuka. Setiap kota di Austria memiliki kantor barang hilang (Fundant) yang tugasnya adalah bekerja sama dengan kepolisian untuk mencatat dan menemukan barang yang telah dilaporkan hilang oleh pemiliknya. Austria juga menempati peringkat ke-12 dalam daftar negara terkaya di dunia. Kepastian hukum dan kestabilan ekonomi membuat warga Austria tak punya alasan untuk mudah melakukan tindak kejahatan, apalagi terhadap turis asing.

3. Selandia Baru

Krisis finansial global tahun 2009 memang berdampak besar untuk Selandia Baru dan membuat negara ini mengalami resesi serta bertambahnya jumlah pengangguran. Tapi krisis tak berdampak besar buat karakter asli orang Kiwi yang ramah dan tenang. Sempatkan diri Anda mengunjungi bar atau kafe ketika mengunjungi Selandia Baru. Lalu cobalah mengobrol dengan warga setempat atau belajar bahasa Kiwi. Orang Kiwi sangat menyukai persahabatan, dan kalian bisa saja menjalin persahabatan seumur hidup dengan mereka.

4. Swiss

Sebagian besar wilayah Swiss adalah bentangan Pegunungan Alpen, yang sekaligus menjadi daya tarik wisata utama negara ini. Tidak heran jika Swiss sudah menjadi tempat tujuan wisata buat orang-orang Indonesia, termasuk para backpacker. Angka pembunuhan di Swiss sangat kecil, yaitu  hanya satu per satu juta penduduk. Sedangkan kejahatan paling serius di Swiss paling-paling â??hanyaâ?? pencopetan di stasiun, taman, atau tempat umum lainnya. (tom)