Sales Promotion Girl (SPG) merupakan profesi lapangan yang dilakukan oleh kaum wanita. Terkadang, untuk menjadi SPG, kaum hawa dituntut memiliki paras yang cantik. Bahkan, tak hanya cantik saja, SPG ini pun harus memiliki tubuh yang proporsional dan seksi.

Ini dimaksudkan agar para pengunjung tertarik membeli produk yang mereka jajakan di stand yang digelar. Biasanya, para wanita dijadikan SPG ketika ada acara atau pagelaran ternama. Saat ini, pameran industri otomatif terbesar di Asia bernama Indonesia International Motor Show (IIMS) sedang digelar mulai 18 â?? 28 September 2014. Acara bergengsi ini diadakan di Jakarta Internasional Exp (JIExpo) Kemayoran, Jakarta.

Dalam acara IIMS 2014, banyak sekali SPG yang berdiri sambil berpose mempesona di samping mobil-mobil keren. Di sini, para SPG terbagi menjadi 2 kategori yakni SPG di hall indoor dan booth outdoor.

Jika SPG hall indoor, mereka harus berada di dalam ruangan yang sejuk. Sedangkan, SPG booth outdoor, para wanita ini harus berada di lapangan sambil berpanas-panasan. Layaknya SPG hall indoor, para SPG booth indoor pun harus berdiri sambil mempromosikan kendaraan niaga seperti truk.

Lantas, berapakah gaji para SPG untuk â??menjagaâ?? truk di lokasi IIMS 2014? Salah satu SPG penjaga truk bernama Lani mengaku ia mendapatkan upah yang sepadan dengan tanggung jawabnya. â??Sekali shift bisa dapat Rp 900 ribu,â? ujar Lani, seperti dikutip liputan6.com, Senin (22/9/2014)

Menurut mahasiswi cantik berusia 24 tahun ini menjaga truk di booth outdoor baginya memberikan keuntungan lain yaitu berupa pengalaman baru.

â??Buat adrenalin, karena harus belajar hal baru. Cocok sama jurusan kuliah aku, komunikasi yang dituntut bisa adaptasi di banyak situasi baru,â? imbuh Lani.

â??Setelah dipikir-pikir gak masalah, yang didapat juga sebanding walau harus panas-panasan dan kulit sedikit hitam,â? tutup Lani. (nha)