Salhsatu program berita di Amerika Serikat, Fox News, beberapa hari ini kerap mengungkapkan kegusarannya akan perubahan beberapa karakter kartun dan komik. Karakter yang mengalami perubahan itu antara lain adalah Popeye dalam film animasi 3D-nya, Thor yang menjadi wanita dalam komik barunya, dan kostum Wonder Woman dalam film “Batman v Superman: Dawn of Justice”.

Dilansir dari Comicbook.com, Senin(22/9/2014), kegusaran itu ditunjukkan dalam acara “Fox & Friends” yang disampaikan oleh salah satu presenter, Tucker Carlson. Saat itu, pembawa acara lainnya, Clayton Morris bertanya-tanya mengenai perubahan beberapa tokoh kartun dan komik.

Beberapa waktu lalu, pihak Sony Animation sempat memamerkan sebuah video animasi 3D Popeye yang menjadi contoh bagi film terbaru di masa mendatang. Di situ, Popeye terlihat tak lagi menghisap cerutu pipa dan juga tidak menggunakan tato. Tucker sangat menyayangkan perubahan tersebut. “Tidak ada yang lebih menakutkan bagi dunia liberal modern daripada tembakau. Jika Popeye sedang berkendara sambil keliling di pagi hari untuk memberikan pil kepada siswa kelas empat, itu baru tidak apa-apa,” ujarnya.

Dilanjutkannya secara menggebu-gebu, “Tapi merokok dengan pipa, sebuah simbol kebebasan dan maskulinitas di Amerika sendiri, alasan negara ini ada… Tembakau! Itu seperti, ‘Oh, sangat keterlaluan. Itu dosa besar.'”

Anna Kooiman, satu-satunya presenter wanita dalam acara itu sempat menimpali bahwa merokok bisa menyebabkan kanker, yang langsung disambut oleh Tucker dengan kalimat, “Tidak ada anak kecil yang pernah merokok dengan pipa hanya karena melihat Popeye.”

Thor dan Wonder Woman pun turut menjadi korban protes para presenter program “Fox & Friends” ini. Topik tentang Thor berpusat pada perubahan sang Dewa Petir itu di dalam komik barunya dari seorang pria menjadi wanita.

Thor wanita
Thor wanita

Sedangkan mengenai kostum Wonder Woman, Tucker kembali memberikan pernyataan bernada protes dengan mengatakan, “Apa itu salah bagi saya untuk mengatakan, ‘Saya ingin melihat Wonder Woman dengan ‘celana dalam’ dan bagian atas yang setengah terbuka.'”

Kostum baru Wonder Woman
Kostum baru Wonder Woman

Lalu apakah portes ini akan didengar? Sepertinya tidak. (tom)