Sebuah acara dapat dikatakan berkualitas apabila programnya memiliki materi yang bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu, acara tersebut juga tak mengandung unsur negatif ataupun SARA. Berbicara soal acara berkualitas, Indonesia pernah mempunyai sejumlah acara terbaik karya anak bangsa.

Acara itu termasuk ke dalam kategori komedi. Acara komedi yang tayang di sebuah stasiun televisi itu pun sempat berjaya di era 1990 hingga 2000an. Tak hanya lucu, acara komedi itu pun kerap mengandung pesan moral yang sangat baik bagi para penontonnya. Inilah 5 acara komedi berkualitas di TV Indonesia

1. Ngelaba (TPI – 1994)

Ngelaba
Ngelaba

Mulai tahun 1993 hingga 2008, salah satu stasiun televisi Indonesia yakni TPI menghadirkan acara komedi bernama Ngelaba. Ini adalah acara yang menampilkan grup lawan Patrio. Patrio sendiri beranggotan tiga orang yakni Parto, Akri, dan Eko. Lelucon yang dilontarkan ketiganya tak pernah mengejek fisik seseorang. Alhasil, Ngelaba pun sukses berkali-kali mendapat penghargaan Panasonic Gobel Awards dan mendapat rekor MURI.

2. OB (RCTI – 2006)

OB
OB

Tayang di RCTI, sitkom OB alias Office Boy sukses menarik perhatian rakyat Indonesia. Ini adalah acara komedi yang bercerita tentang kehidupan di sebuah kantor stasiun televisi lengkap dengan sekelompok OB sebagai tokoh utamanya. Sejumlah tokoh dalam sitkom ini antara lain Sayuti (OB) yang culun dan lugu, Susi (Cleaning Service) yang genit, Odah (OB) yang galak dan sok berkuasa, Mail (OB) yang tengil dan kocak, Gusti (Karyawan HRD) yang playboy tapi penakut, Hendra (akuntan HRD) yang norak, Saschya (Sekretaris HRD) yang kelewat polos tapi jadi rebutan laki-laki karena kecantikannya, dan Pak Taka (Kepala HRD) yang ditakuti seluruh karyawan.

3. Suami-Suami Takut Istri (Trans TV – 2007)

Suami-suami takut istri
Suami-suami takut istri

Suami-suami Takut Istri juga termasuk dalam kategori acara komedi berkualitas di TV Indonesia. Sitkom ini berkisah tentang kehidupan di sebuah komplek lingkungan RT pinggiran kota. Sesuai judul, para suami di sini kerap nakal. Namun, mereka takut istri. Tokoh dalam sitkom ini pun digambarkan berasal dari berbagai daerah dan etnis, yakni Jawa, Betawi, Sunda, dan Minang.

4. Spontan (SCTV – 1995)

Spontan
Spontan

Selanjutnya ada Spontan yang menjadi acara komedi berkualitas di TV Indonesia. Ini merupakan acara komedi three-in-one (satu acara dibagi dalam tiga sesi). Sesi utama adalah sesi di mana presenter Komeng memainkan dialog dengan lawan main dan penonton dalam sebuah adegan bebas untuk memainkan komedi bebas. Sesi kedua yakni sesi reality comedy yang berisi kejahilan kru Spontan dalam ngerjain orang di tempat umum secara nyata dengan konsep kamera tersembunyi. Sesi terakhir adalah sesi kebun binatang di mana binatang-binatang lewat teknik dubbing menjadi seolah-olah bisa bercakap-cakap untuk memperbincangan isu-isu politik, ekonomi, dan sosial yang tengah panas-panasnya di Indonesia.

5. Bajai Bajuri (Trans TV – 2004)

Bajaj Bajuri
Bajaj Bajuri

Bajai Bajuri merupakan acara komedi yang bercerita mengenai kehidupan rumah tangga Bajuri sang penarik Bajai, Oneng istrinya yang merupakan pemilik salon, mertua Bajuri yakni Emak, serta Ucup sebagai adik Oneng. Tokoh yang terlibat dalam sitkom ini adalah Mat Solar, Rieke Dyah Pitaloka, dan Hj. Nani Wijaya, dan Fanny Fadillah. Selain mereka berempat, hadir pula tokoh jenaka lain yakni Mpok Hindun yang genit, dan Mpok Minah yang gemar meminta maaf walau dia tidak bersalah. Sitkom ini pernah ditayangkan oleh stasiun Trans TV, ANTV, SCTV, Rajawali Televisi & CNN Indonesia. (nha)