Lensa Kontak Abal-abal Bikin Mata Infeksi


Bagi seseorang yang punya gangguan penglihatan seperti minus, kehadiran lensa kontak bisa menjadi bantuan. Tak sedikit seseorang yang memilih lensa kontak sebagai cara efektif. Selain membantu penglihatan, lensa kontak dipakai agar penampilan mata terlihat lebih menarik.

Namun, lantaran harga lensa kontak yang relatif mahal membuat orang memilih membeli lensa kontak yang abal-abal dengan harga lebih murah. Meski demikian, berhati-hatilah saat memakai lensa kontak murah.

Pasalnya, lensa kontak murah punya berbagai dampak negatif bagi mata Anda. Salah satunya adalah risiko infeksi hingga mengalami kerusakan di mata. Hal ini diakibatkan lantaran lensa kontak itu tak punya bukti dan tata cara pemakain kontak lensa.

“Tren membeli kontak lensa sembarangan di internet berhubungan dengan meningkatnya kasus ini. Infeksi yang terjadi karena orang yang membeli tidak melakukan pengecekan terhadap mereka secara teratur. Pembelian kontak lensa sembarangan umumnya dilakukan remaja karena mereka ingin irit. apalagi mereka tidak mengecek kontak lensa tersebut sebelum menggunakannya,” terang¬†Profesor John Dart dari Moorfields Eye Hospital, London, seperti dilansir Okezone, Selasa (23/9/2014)

Senada dengan Prof John, dokter lain yakni Gitalisa Andayani, SpM pun memberi saran bagi seseorang yang hendak memakai lensa kontak. Menurut dr. Gitalisa, pemakaian lensa kontak abal-abal pun bisa berakibat merusak kornea mata. Untuk itulah, seseorang harus berhati-hati saat membeli lensa kontak. Selain itu, jika habis memakai lensa kontak, sebaiknya letakkan lensa kontak di tempat yang sejuk dan jauh dari debu. Lalu, biasakan bersihkan lensa kontak dengan cairan khusus

“Menggunakan lensa kontak bagi sebagian besar pemakai terutama yang minus tinggi memang lebih nyaman, namun harus dengan perawatan yang baik, karena kontak dengan kornea membuat risiko iritasi dan infeksi lebih besar,” papar dr Gitalisa Andayani, SpM. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak